Sejarah dan Pengertian Anime, Kartun Buatan Jepang yang Populer

Image title
22 Juli 2022, 00:20
ilustrasi anime
unspalsh.com
ilustrasi anime

Anime adalah animasi buatan Jepang, yang kini berkembang menjadi bentuk budaya populer, dengan basis penggemar yang cukup banyak. Anime tidak hanya dipandang sebagai sarana hiburan semata, sebagian besar orang bahkan menganggap kartun tersebut sebagai tontonan hari-hari, lantaran cerita kerap menginspirasi.

Meskipun dikategorikan sebagai kartun, anime sangat berbeda dengan serial animasi buatan Amerika atau negara lainnya. Selain punya ciri khas pada desain karakternya, cerita yang disajikan dari anime sangat beragam. Anda bisa menemukan beberapa judul anime dengan alur cerita kelam dan berat untuk dicerna. Oleh karena itu, ada sejumlah anime yang memang dikategorikan bagi penonton dewasa.

Berikut ini Katadata.co.id bakal membahas sejumlah hal seputar anime baik itu pengertian anime hingga sejarah singkatnya. Selengkapnya simak pembahasan di bawah ini.  

Pengertian Anime

Ilustrasi anime terkenal
Ilustrasi anime terkenal (unspalsh.com)

 

Secara bahasa, pengertian anime adalah sebutan orang Jepang untuk animasi. Animasi di sini bisa merujuk pada animasi yang dibuat oleh tangan secara manual maupun menggunakan teknologi komputer.

Menurut situs Kotaku.com, dalam bahasa Jepang anime ditulis sebagai “アニメ” (secara harfiah berarti anime), dan merupakan kependekan dari kata animasi atau animeshon. Istilah anime saat ini mulai meluas maknanya, karena tidak hanya mewakili produksi animasi dari Jepang saja.

Dikutip dari buku berjudul Pengantar Manga (Komik Jepang), dijelaskan bahwa kebanyakan serial anime ceritanya diambil dari kisah novel dan manga (komik Jepang). Beberapa judul anime populer di dunia yang mengadaptasi cerita manga yaitu One Piece, Naruto, Jujutsu Kaisen, Demon Slayer, serta masih banyak yang lainnya.

Sejumlah pendapat lain mengatakan, kalau pengertian anime adalah animasi dari Jepang atau sebagai gaya animasi yang diimpor dari Jepang. Ciri khas yang paling menonjol dari anime, yaitu mengangkat tema cerita fantastis, karakter dinamis, dan grafik yang penuh warna.

Serial anime yang diproduksi sampai saat ini, jumlahnya sudah mencapai ribuan. Menurut survei seperti dikutip dari Encyclopedia Japan, lebih dari 6.000 judul anime diproduksi, dan lebih dari 3.200 judul anime ditayangkan di televisi. Bahkan, ada sumber yang menyebutkan sekitar 60 % dari semua animasi yang disiarkan di dunia dibuat di Jepang.

Dari penjelasan di atas, singkatnya anime tidak hanya menjadi kartun yang diproduksi. Lebih dari itu, anime telah menjadi industri yang di dalamnya memuat banyak hal. Khususnya unsur-unsur budaya populer Jepang seperti musik, manga, dan sebagainya.  

Sebagai industri, produksi anime ternyata memakan biaya yang sangat besar. Dikutip dari Anime News Network, rata-rata untuk 13 episode musim anime berharga 250 juta yen atau US$ 2 juta.

Sejarah Singkat Anime

Spirited Away (2001)
Spirited Away (2001) (IMDB)

 

Sebelum menjadi salah satu sektor industri di Jepang, awalnya anime hanyalah sarana yang digunakan para seniman Jepang untuk bereksperimen dengan teknik animasi. Sejarah mencatat, anime mulai berkembang di Negeri Sakura pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Melansir Japanjunky, anime Jepang pertama dalam bentuk paling dasar, diperkirakan telah dibuat pada tahun 1906, tetapi legitimasi klaim itu banyak diperdebatkan oleh beberapa orang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement