8 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat Berbahan Alami

Berikut delapan cara menumbuhkan rambut dengan cepat dari bahan alami dan bisa ditemukan dengan mudah di rumah dan pasar.
Image title
8 Agustus 2022, 12:35
Ilustrasi lidah buaya sebagai salah dari delapan cara menumbuhkan rambut dengan cepat dari bahan alami dan bisa ditemukan dengan mudah di rumah dan pasar.
Pixabay/endriqstudio
Ilustrasi lidah buaya sebagai salah dari delapan cara menumbuhkan rambut dengan cepat dari bahan alami dan bisa ditemukan dengan mudah di rumah dan pasar.

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki rambut tipis dan mudah rontok. Anda dapat mencoba perawatan alami untuk menumbuhkan, sekaligus menjadikan rambut lebat. Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami.

Berbagai bahan alami dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat juga bisa dilakukan dengan mudah, serta menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah dijumpai di sekitar Anda.

Berikut merupakan beberapa bahan yang ampuh mendukung upaya Anda untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, sebagaimana dilansir dari HelloSehat dan sumber lainnya.

1. Omega 3 dan 6

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat tidak cukup hanya mengandalkan perawatan dari luar, melainkan juga asupan makanan dari konsumsi sehari-hari. Makanan yang mengandung omega tiga dan enam disinyalir dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut baru.

Advertisement

Makanan yang menjadi sumber omega tiga dan enam antara lain seperti kacang-kacangan, ikan salmon, ikan tuna, dan sayuran hijau. Asupan omega tiga dan enam juga bisa diperoleh dari suplemen. Tak hanya menumbuhkan rambut, omega tiga dan enam juga bisa menghentikan kerontokan rambut.

2. Mengoleskan Minyak Esensial

Satu lagi bahan alami yang bisa membantu pertumbuhan rambut, yakni minyak esensial. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa memakai chia seed oil yang diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.

3. Masker Telur

Walaupun sedikit amis, masker telur dikenal sebagai bahan untuk mendukung cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, rambut yang kusam juga akan tampak bersinar setelah menggunakan masker telur.

Adapun cara memakai masker telur adalah dengan mengocok satu telur ayam utuh bersama dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan masker ini dari akar hingga ujung rambut, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air dan sampo.

4. Seledri

Seledri bisa menjadi bahan yang Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat, karena mengandung Vitamin A, B, natrium dan kalsium. Berbagai kandungan tersebut mampu memengaruhi pertumbuhan rambut, karena kandungan dapat melebatkan dan menjadikan rambut berkilau alami.

Untuk membuat masker rambut dari seledri, caranya dengan menghaluskan seledri menggunakan blender atau food processor. Cuci rambut dengan sampo, kemudian gunakan masker seledri yang sudah dihaluskan. Diamkan selama 45-60 menit, bilas dengan air sampai bersih tanpa menggunakan sampo lagi.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh untuk menumbuhkan rambut. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan lidah buaya ini, sudah cukup lama dimanfaatkan banyak orang.

Ambil gel lidah buaya, oleskan secara merata ke akar rambut dan kulit kepala. Setelah didiamkan selama 1 jam, bilas rambut dengan air bersih. Jika ingin hasil yang lebih optimal, oleskan lidah buaya pada malam hari sebelum tidur, kemudian bilas rambut pada keesokan harinya.

6. Santan Kelapa

Bagi Anda yang sedang mencari cara menumbuhkan rambut dengan cepat, memanfaatkan santan kelapa murni sebagai masker rambut. Santan bukan hanya mempercepat pertumbuhan rambut, tapi juga membuat rambut lebih hitam dan berkilau alami.

Santan kelapa yang dipakai haruslah santan kelapa murni, bukan memakai santan instan. Santan yang sudah dihangatkan nantinya akan dioleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 20-30 menit. Lanjutkan membilas sisa santan pada rambut dengan keramas menggunakan sampo.

7. Teh Hijau

Manfaatkan teh hijau sebagai bahan alami penumbuh rambut. Air seduhan teh hijau bisa menjadi vitamin penumbuh rambut secara alami. Air seduhan teh hijau nantinya akan dibasuhkan ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Kemudian, tutup rambut dengan handuk selama 30 menit. Jika belum keramas, bilas rambut dan cuci rambut dengan sampo. Namun, apabila Anda sudah keramas sebelumnya, cukup bilas rambut Anda dengan air.

8. Mengonsumsi Suplemen Keratin

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi 500 gram suplemen yang mengandung keratin dan mineral lainnya, akan mengalami peningkatan kualitas rambut sehat seperti:

A. Menurunkan rambut rontok sebanyak 12,5 %,
B. Meningkatkan kekuatan rambut sebesar 5,9 %, dan
C. Meningkatkan kilau rambut.

Demikianlah penjelasan mengenai delapan cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang bisa Anda lakukan di dapur rumah Anda.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait