Drama Korea Stock Struck Sarat Edukasi Tentang Saham

Drama Korea selalu berhasil menyajikan alur dan topik cerita yang fresh. Salah satunya adalah "Stock Struck." Yaitu drama yang menegdukasi penonton tentang pasar modal.
Image title
7 September 2022, 07:49
Poster Drama Korea 'Stock Struck.'
tving

Tayang sejak Agustus 2022, drama Korea Stock Struck bercerita dengan latar yang tak biasa. Drama ini menceritakan tentang orang-orang yang berinvestasi saham. Mereka berasal dari latar belakang beragam, namun dengan satu tujuan yaitu mendapat keuntungan dari jual beli saham.

Menariknya, drama ini tidak hanya berfokus pada alur dan ceritanya. Melainkan, juga memberikan edukasi tentang bagaimana sebenarnya berinvestasi saham. Mulai dari memilih perusahaan yang sahamnya akan dibeli hingga manajemen risiko kekalahan.

Drama ini secara detail menceritakan risiko-risiko yang mungkin dihadapi ketika seseorang berinvestasi saham. Tak melulu mendapat keuntungan, justru turunnya harga saham selalu menjadi risiko di depan mata. Ketidakstabilan harga saham sendiri disebabkan banyak faktor, sehingga penting untuk melakukan perhitungan cermat, serta mempertimbangkan langkah investasi selanjutnya, sebelum menentukan keputusan.

Selain itu, drama Stock Struck juga menggambarkan mental seseorang ketika berinvestasi saham. Mulai dari keinginan besar akan keuntungan, keserakahan dan kekesalan yang tak berujung ketika harga saham mereka turun. Fatalnya, ada yang menyebabkan kegelisahan tak berkesudahan karena target yang sudah ditentukan, bahkan tak sedikit dari mereka yang hampir bunuh diri.

Advertisement

Maka dari itu, drama Korea ini cukup penting ditonton untuk yang ingin mencari tahu dunia saham lebih dalam, namun dengan cara yang menyenangkan. Terlebih Stock Struck adalah drama Korea dengan genre komedi.

Berawal dari kegagalan yang membawanya ke ambang putus asa, Han Ji-eun yang berperan sebagai Yoo Mi-seo, memilih untuk belajar lebih dalam tentang investasi pasar modal. Keinginannya mengganti kerugiannya membawanya ke berbagai mentor investasi.

Selain itu, tokoh-tokoh dalam drama ini juga sangat beragam. Baik dari latar belakang, kepribadian hingga obsesi terhadap keuntungan saham yang berbeda-beda.

Mulai dari Hong Jong-hyun sebagai Choi Sun-woo yang pernah stress gara-gara berinvestasi saham, dirinya kehilangan pekerjaan dan dikambing hitamkan oleh perusahaan tempatnya bekerja di bidang pasar modal. Pada akhirnya, ia memilih menjadi pekerja paruh waktu di mini market sambil berusaha memulihkan keadaan agar bisa kembali berinvestasi saham. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk ikut masuk kelas investasi saham dengan beberapa murid.

Walau nampak trauma dengan dunia investasi, Choi Sun-woo secara mengejutkan memiliki aset yang luar biasa banyak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dirinya sangat ahli di bidang ini. Namun ia selalu merendah dan terlihat tidak tahu apa-apa di depan murid lainnya.

Lalu ada Kim Sun-young yang terpaksa berinvestasi saham karena peninggalan dari mendiang suaminya. Tanpa berbekal pengetahuan sama sekali, ia mau tak mau harus belajar tentang pasar modal agar warisan tersebut dapat bertahan dan menghasilkan keuntungan.

Ada juga yang tertarik dengan saham karena ingin mendapatkan profit. Hingga ada yang ingin bangkit dari keterpurukan. Tidak lain adalah Kim Jin-bae yang dibintangi oleh aktor senior, Jang Kwang. Dirinya memutuskan untuk berinvestasi saham di masa pensiun, semata-mata ingin menunjang hobi. Salah satu pengaruhnya adalah keberhasilan teman dekat yang berhasil kaya di usia tua karena membeli saham.

Murid terakhir di kelas investasi saham tersebut adalah Kang San. Dirinya merupakan pribadi petualang yang mencintai liburan. Namun ia menemukan titik baliknya ketika sang Ibu sudah tiada. Belajar investasi merupakan salah satu langkah baginya untuk kembali serius menjalani kehidupan dan tidak hanya bersenang-senang liburan saja.

Menariknya, mereka merupakan “murid” dari mentor yang ternyata masih berusia sepuluh tahun. Mentor tersebut adalah Im Ye-joon, yaitu anak sekolah dasar yang berhasil mendapatkan profit luar biasa banyak. Demi tujuan profit yang ingin dicapai, mereka bersikeras untuk tetap dibimbing olehnya. Mengingat anak kecil tersebut berhasil mendapatkan profit dengan ratusan persen.

Dari tokoh-tokoh tersebut, cukup menggambarkan karakteristik pemain saham yang mungkin saja ada di sekitarmu. Mulai dari yang buta tentang saham hingga sang ahli, yaitu Choi Sun-woo.

Menariknya, di setiap penghujung episode, selalu ada potongan video tentang mentor yang sudah ahli di dunia saham. Ia selalu menjelaskan hal-hal baru dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami oleh pemulia yang mungkin ingin terjun ke dunia ini.

Pengetahuan tentang saham tersebut disampaikan oleh Syuk-ga. Ceritanya, ia membuka kelas online dan membuka pertanyaan secara terbuka setiap sesinya. Materinya cukup mudah dipahami karena disampaikan dengan singkat dan jelas. Ia menjelaskan banyak hal, mulai tips menjual dan membeli saham, cara memilih saham serta berbagai hal kompleks lainnya.

Stock Struck memiliki total dua belas episode yang perkiraan akan selesai pada pertengahan sampai akhir September 2022. Setiap minggunya akan tayang dua episode dengan durasi kurang lebih empat puluh menit. Drama besutan TVING ini bisa ditonton secara legal di aplikasi streaming Vidio.

Jika ditinjau dari alur dan latar cerita, nampaknya drama ini sangat hangat untuk ditonton. Mengingat sekarang investasi mulai banyak dilirik, khususnya oleh anak muda. Agar tidak tersesat, menonton Stock Struck bisa jadi solusi. Selain menonton drama Korea sebagai hiburan, Anda juga bisa mendapatkan banyak edukasi.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait