Drama Korea Stock Struck Sarat Edukasi Tentang Saham

Ghina Aulia
7 September 2022, 07:49
Poster Drama Korea 'Stock Struck.'
tving

Tayang sejak Agustus 2022, drama Korea Stock Struck bercerita dengan latar yang tak biasa. Drama ini menceritakan tentang orang-orang yang berinvestasi saham. Mereka berasal dari latar belakang beragam, namun dengan satu tujuan yaitu mendapat keuntungan dari jual beli saham.

Menariknya, drama ini tidak hanya berfokus pada alur dan ceritanya. Melainkan, juga memberikan edukasi tentang bagaimana sebenarnya berinvestasi saham. Mulai dari memilih perusahaan yang sahamnya akan dibeli hingga manajemen risiko kekalahan.

Drama ini secara detail menceritakan risiko-risiko yang mungkin dihadapi ketika seseorang berinvestasi saham. Tak melulu mendapat keuntungan, justru turunnya harga saham selalu menjadi risiko di depan mata. Ketidakstabilan harga saham sendiri disebabkan banyak faktor, sehingga penting untuk melakukan perhitungan cermat, serta mempertimbangkan langkah investasi selanjutnya, sebelum menentukan keputusan.

Selain itu, drama Stock Struck juga menggambarkan mental seseorang ketika berinvestasi saham. Mulai dari keinginan besar akan keuntungan, keserakahan dan kekesalan yang tak berujung ketika harga saham mereka turun. Fatalnya, ada yang menyebabkan kegelisahan tak berkesudahan karena target yang sudah ditentukan, bahkan tak sedikit dari mereka yang hampir bunuh diri.

Maka dari itu, drama Korea ini cukup penting ditonton untuk yang ingin mencari tahu dunia saham lebih dalam, namun dengan cara yang menyenangkan. Terlebih Stock Struck adalah drama Korea dengan genre komedi.

Berawal dari kegagalan yang membawanya ke ambang putus asa, Han Ji-eun yang berperan sebagai Yoo Mi-seo, memilih untuk belajar lebih dalam tentang investasi pasar modal. Keinginannya mengganti kerugiannya membawanya ke berbagai mentor investasi.

Selain itu, tokoh-tokoh dalam drama ini juga sangat beragam. Baik dari latar belakang, kepribadian hingga obsesi terhadap keuntungan saham yang berbeda-beda.

Mulai dari Hong Jong-hyun sebagai Choi Sun-woo yang pernah stress gara-gara berinvestasi saham, dirinya kehilangan pekerjaan dan dikambing hitamkan oleh perusahaan tempatnya bekerja di bidang pasar modal. Pada akhirnya, ia memilih menjadi pekerja paruh waktu di mini market sambil berusaha memulihkan keadaan agar bisa kembali berinvestasi saham. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk ikut masuk kelas investasi saham dengan beberapa murid.

Walau nampak trauma dengan dunia investasi, Choi Sun-woo secara mengejutkan memiliki aset yang luar biasa banyak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dirinya sangat ahli di bidang ini. Namun ia selalu merendah dan terlihat tidak tahu apa-apa di depan murid lainnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement