Contoh CV ATS Friendly dan Tips Membuatnya

Ghina Aulia
8 September 2022, 10:37
contoh CV ATs friendly
pexels/RODNAE Productions

Persaingan dunia kerja makin hari makin ketat. Terkadang latar belakang pendidikan yang mumpuni tidak cukup. Bahkan, pendidikan yang linear dengan sesuai dengan posisi yang dilamar saja tidak menjamin akan diterima, atau pun sekedar dipanggil untuk wawancara.

Hal tersebut lantaran keterampilan individu meningkat yang berbanding lurus dengan sengitnya persaingan. Sekarang ini, banyak cara untuk menggambarkan kualitas dan kemampuan kita saat melamar pekerjaan. Salah satunya dengan membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik.

Advertisement

Dalam hal tampilan CV sekali pun, setiap orang saling bersaing untuk membuat yang terbaik agar dilirik HRD perusahaan yang dilamar. Hingga sekarang, banyak sekali tampilan atau template CV yang beredar. Mulai dari creative CV hingga tampilan yang sederhana. Pemilihannya dapat menyesuaikan kebutuhan, selera dan perusahaan yang dilamar. Menariknya, ternyata belakangan ini ada hal yang sedang ramai dibicarakan di kalangan job seeker, yakni jenis CV yang memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

Ada pun yang dimaksud adalah CV ATS. Yaitu CV yang dapat dibaca oleh mesin Applicant Tracking System (ATS) yang umum digunakan oleh HRD. Dengan membuat CV yang memadai dan dapat terbaca, sangat memungkinkan peluang untuk dapat panggilan wawancara juga semakin besar. Pasalnya, rekruter dapat membaca data diri Anda dengan benar, sesuai dengan hasil identifikasi mesin sistem, tersebut.

Diketahui bahwa penggunaan mesin ATS tersebut juga untuk memudahkan rekruter dalam melakukan sortir pelamar kerja. Mengingat kemungkinan angka pelamar pekerjaan juga sangat banyak. Dengan mesin tersebut, rekruter mendapatkan data diri pelamar yang sudah disederhanakan dan menyesuaikan dengan informasi yang dibutuhkan perusahaan. Perlu Anda tahu, istilah umum CV tersebut adalah CV ATS friendly.

Di bawah ini kami akan memberikan contoh CV ATS friendly yang bisa Anda jadikan referensi. Walaupun cenderung sederhana, justru CV seperti itu yang mudah terdeteksi oleh ATS. Berikut merupakan contoh CV ATS friendly untuk seseorang yang berprofesi sebagai web content writer:

CV ATS Friendly
CV ATS Friendly (canva)
CV ATS Friendly
CV ATS Friendly (canva)



Dari contoh CV ATS friendly tersebut, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan penting untuk Anda yang ingin membuat CV serupa dan segera mendapat panggilan wawancara. Poin-poin tersebut antara lain:

  1. Tanpa grafik, termasuk gambar

    Mengingat yang akan mendeteksi CV adalah sebuah mesin, ternyata alat tersebut lebih sensitif untuk mendeteksi teks. Maka dari itu, grafik, bagan atau gambar sangat tidak disarankan untuk dimuat.

    Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement