Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Agar Terlihat Profesional

Ghina Aulia
8 September 2022, 17:40
contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman
Shutterstock
Ilustrasi penggunaan contoh CV bahasa Inggris

Usai lulus menjadi sarjana, pilihan selain melanjutkan pendidikan tidak lain adalah mencari pekerjaan. Untuk bisa mendapat pekerjaan, Anda perlu menyiapkan lamaran pekerjaan atau CV, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman.

Berbekal ijazah sebagai sarjana, ternyata zaman sekarang tidak bisa menjadi jaminan. Mengingat perusahaan yang membuka tentu juga berorientasi pada profit, mereka pasti mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Tolak ukur kemampuan pelamar tentu saja sangat tergambar dari pengalaman yang mereka miliki. Maka dari itu, bagi seorang fresh graduate, pengalaman-pengalaman itulah yang menjadi senjata untuk mendapatkan pekerjaan.

Nah, sayangnya tidak semua dari mereka yang di masa perkuliahan memiliki pengalaman demikian. Hal ini lah yang menjadi kendala ketika melamar pekerjaan. Mengingat dengan pengalaman yang banyak pun belum tentu termasuk kualifikasi yang sesuai keinginan rekruter.

Tidak perlu khawatir, ternyata keterampilan membuat CV bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak memiliki pengalaman dan ingin bekerja. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai bentuk usaha dan internalisasi diri.

Di bawah ini merupakan contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman agar terlihat profesional. Simak tulisan di bawah ini.

CONTOH CV FRESH GRADUATE TANPA PENGALAMAN
CONTOH CV FRESH GRADUATE TANPA PENGALAMAN
CONTOH CV FRESH GRADUATE TANPA PENGALAMAN (resumelab)



Dari contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman tersebut, terlihat setiap kolom diisi penuh walaupun sebenarnya tidak ada pengalaman kerja sama sekali. Tidak hanya terampil, ternyata memang ada poin-poin yang wajib dicantumkan dan dikembangkan. Misalnya seperti kolom summary atau ringkasan. Anda dapat secara bebas menjelaskan tentang profil diri. Walaupun demikian, tetap harus dalam tata bahasa yang jelas dan tidak berbelit-belit.

Di bawah ini akan dijelaskan ulasan tentang contoh CV fresh graduate, termasuk poin-poin penting dalam membuat surat lamaran kerja.

1. Mencantumkan informasi yang relevan

Sebuah CV sebaiknya dibuat dan dikirimkan kepada rekruter dalam bentuk yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalnya anda melamar di bidang Digital Marketing, maka tidak perlu memasukkan pengalaman sebagai anggota divisi keamanan.

Selain membingungkan, hal tersebut juga sama sekali tidak berpengaruh terhadap penilaian rekruter. Sebaiknya, muat informasi yang ada kaitannya dengan bidang tersebut. Agar rekruter juga dapat meninjau dan menanyakan hal yang sesuai.

Memang tidak ada salahnya selalu memperbaharui CV untuk menyesuaikan pekerjaan yang sedang dilamar. Hal itu juga untuk mempermudah kedua belah pihak. Baik diri Anda sendiri yang kemudian hari bisa kembali menggunakannya atau pun perusahaan yang lebih mudah meninjaunya.

2. Ringkasan yang menarik

Pada kolom ringkasan, Anda bisa menulis tentang diri Anda dengan menarik. Ceritakan baik dari segi kepribadian, keterampilan, latar belakang pendidikan, minat dan ketertarikan terhadap industri bidang yang dilamar.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement