Jenis Tes Bahasa Inggris dan Bahasa Gaul Inggris

Ghina Aulia
17 September 2022, 15:01
Jenis Tes Bahasa Inggris
pexels/Mary Taylor
Jenis Tes Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu hal penting untuk dikuasai saat ini. Terdapat beragam jenis tes Bahasa Inggris yang bisa dicoba untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berbahasa Anda.

Kemampuan bahasa asing juga memiliki tingkatan. Artinya, jika Anda bisa berbahasa Inggris belum tentu mahir dalam menulis, bicara dan mendengarkan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa banyak berlatih dan menghafal kosa kata. Perkembangan belajar Anda juga bisa dipantau dengan megikut berbagai jenis tes Bahasa Inggris. 

Advertisement

Sebagai orang yang ingin fasih berbahasa Inggris, sebaiknya Anda juga mengetahui fakta-fakta dan pengetahuan uniknya. Misalnya dengan mempelajari bahasa gaul atau slang yang umum digunakan anak muda saat ini.

Di samping itu, Anda juga harus pandai memilih padanan kata yang sesuai dengan lawan bicara dan situasi. Misalnya, menghindari penggunaan bahasa santai ketika berbicara dengan atasan.

Dalam Bahasa Inggris, terdapat juga kosakata yang cocok dengan bahasa profesional. Hal tersebut dapat dipelajari dengan mengikuti kursus atau belajar mandiri atau otodidak. Jika tertarik untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris, Anda dapat mengikuti tes yang biasa diadakan oleh lembaga-lembaga pelatihan dan kursus Bahasa Inggris.

Terkait dengan itu, berikut ini adalah jenis tes Bahasa Inggris:

1. Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

Mengutip Sun English, jenis tes Bahasa Inggris satu ini merupakan yang paling umum dilakukan di Amerika Serikat. Biasanya, persyaratan skor minimalnya adalah 550. Tes ini terdiri dari empat sesi, yakni mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara.

2. International English Language Testing System (IELTS)

Merupakan salah satu yang paling populer, IELTS merupakan tes yang wajib dilewati untuk Anda yang ingin melakukan studi di Amerika, Inggris, Australia serta New Zealand. Biaya yang perlu dikeluarkan jauh cenderung lebih mahal.

3. Test of English for International Communication (TOEIC)

TOEIC umumnya berguna untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Bahkan perusahaan di Indonesia juga ada yang mewajibkan kandidat karyawannya lulus dalam tes Bahasa Inggris ini. Standar skor untuk dinyatakan lulus adalah 5-495 di setiap sesinya. Tes ini memiliki sesi reading dan listening.

4. Scholastic Aptitude/Assessment Test (SAT)

Berlaku di Amerika Serikat, tes ini digunakan untuk mendaftar studi sarjana. Mengutip Hotcourses Indonesia, tes ini diciptakan oleh College Board, yakni lembaga non-profit di AS. Tes ini memiliki dua jenis, yaitu SAT Reasoning Test untuk menguji kemampuan dalam membaca, menulis dan matematika. Sedangkan SAT Subject Test bertujuan menguji keterampilan pelajar dalam bidang studi tertentu.

5. Graduate Management Admission Test (GMAT)

GMAT wajib diikuti oleh Anda yang ingin menempuh pendidikan Master of Business (MBA) di luar negeri. Tes ini lebih kompleks dari tes Bahasa Inggris. Karena meliputi tes verbal umum, matematika, analytical writing dan integrated reasoning. Tak heran juga biaya tesnya jauh lebih mahal dibanding jenis lainnya. Sebaiknya sebelum mengikuti tes ini, Anda mempersiapkannya dengan baik dengan mengikuti kursus.

6. Certificate of Advanced English (CAE)

Tes ini diadakan oleh Cambridge Exams. Sangat berguna untuk Anda yang ingin mengembangkan karier di Inggris. Diketahui bahwa tes CAE memiliki tes yang ketat, mengingat kualitasnya juga bagus.

7. Pearson Test of English (PTE)

Melansir dari Mommies Daily, PTE ini tergolong baru dari tes Bahasa Inggris lainnya. Sesi tesnya mirip dengan jenis lain, yang meliputi speaking, writing, reading dan listening. Berbeda dengan TOEFL, tes ini memiliki aspek penilaian yang berbeda. Dimana pada bagian speech, penilaian akan dilakukan secara otomatis. Memiliki skala 10-90, tes ini jauh lebih mahal dari TOEFL.

Nah, daftar di atas merupakan jenis tes Bahasa Inggris yang dapat Anda ikuti untuk menguji kemampuan dan dapat menyesuaikan kebutuhan dan budget. Selain itu, Anda mengasah kemampuan berbahasa Inggris terlebih dahulu dengan mengikuti pelatihan di lembaga kursus.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement