4 Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Dwi Latifatul Fajri
19 September 2022, 15:55
Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor
pixabay.com/seagul
Ilustrasi Proyektor

Proyektor adalah alat untuk menampilkan gambar dan video ke layar proyeksi. Alat proyektor biasanya dipakai untuk presentasi dari laptop ke tampilan lebih luas. Contohnya saja penggunaan proyektor untuk mengajar di universitas atau sekolah.

Dibanding laptop, tampilan proyektor lebih luas sehingga semua orang bisa menonton. Cara menyambungkan laptop ke proyektor bisa menggunakan kabel. Ada berbagai jenis kabel seperti HDMI, DVI, dan VGA untuk menghubungkan layar laptop ke proyektor. Selain itu pengguna bisa menggunakan koneksi bluetooth jika kedua perangkat mendukung.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor

1. Sambungkan Kabel Proyektor ke Laptop

Langkah pertama untuk menyambungkan laptop ke proyektor yaitu menghubungkan kabel. Pastikan kabel sesuai dengan laptop dan proyektor. Ada berbagai kabel seperti HDMI, DVI, atau VGA. Umumnya laptop terdapat soket untuk HDMI atau VGA. Jika tidak ada colokan yang sesuai pada laptop, pengguna bisa menggunakan converter VGA atau HDMI.

2. Tekan Pintasan Windows + P

Berikut cara menyambungkan kabel proyektor ke laptop:

Jika laptop memiliki port VGA maka tinggal colokkan saja
Tetapi jika laptop tidak memiliki port VGA pakai port HDMI
Pengguna bisa menggunakan adaptor VGA atau HDMI
Ketika kabel terhubung, tekan keyboard berlogo Windows dan P bersamaan
Otomatis terdapat opsi berbagai layar yang ditampilkan di laptop

3. Pilih Opsi Tampilan Laptop ke Proyektor

Cara menyambungkan laptop ke proyektor selanjutnya, bisa melalui Windows yang menyediakan beberapa pilihan untuk ditampilkan ke proyektor. Berikut opsi yang bisa dipilih pengguna untuk berbagi tampilan ke proyektor:

  • Second Screen Only, yaitu pilihan menampilkan laptop ke proyektor sebagai tampilan utama. Tetapi layar laptop akan mati sehingga pengguna perlu mengoperasikan layar melalui tampilan proyektor.
  • Extend, pilihan memperluas tampilan layar laptop ke proyektor
  • Duplicate, opsi membagikan tampilan layar laptop yang sama ke proyektor
  • PC Screen Only, opsi untuk tampilan layar hanya di laptop saja. Pilihan ini dipakai jika pengguna belum siap menampilkan tampilan ke proyektor

4. Fitur Miracast

Mengutip dari Microsoft.com, cara menghubungkan proyektor ke laptop bisa menggunakan Miracast. Fitur ini memudahkan pengguna tanpa menghubungkan kabel laptop ke proyektor.

Umumnya, Miracast terdapat pada proyektor wireless atau tanpa kabel. Pengguna tinggal menekan logo Windows + K untuk mencari Miracast atau device yang terhubung ke laptop.

Demikian beberapa cara menyambungkan laptop ke proyektor yang bisa Anda coba dan aplikasikan.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...