4 Cara Menampilkan Margin di Word Secara Otomatis

Image title
20 September 2022, 21:02
Cara menampilkan margin di Word
pixabay.com
Ilustrasi cara menampilkan margin di Word.jpg

Sebelum mencetak sebuah dokumen, ada baiknya Anda menentukan ukuran margin pada dokumen tersebut. Sehingga saat proses print nanti, ukurannya sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Topik seputar cara menampilkan margin di Word memang banyak sekali dicari di Google. Hal ini bisa terjadi, lantaran masih ada pengguna yang belum tahu cara melakukannya.

Margin di Microsoft Word sendiri adalah garis yang posisinya berada di tepi kertas. Pada umumnya saat Anda membuat dokumen di Word, pengaturan default margin kertasnya adalah 1 inci atau 2,54 cm.

Fungsi utama dari margin adalah untuk memberikan space pada teks atau elemen lain dalam dokumen. Umumnya, setiap jenis kertas memiliki pengaturan marginnya sendiri. 

Mengatur margin kertas memang menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Apalagi jika Anda tengah mengerjakan karya tulis seperti skripsi, makalah, dan jurnal. Biasanya, ukuran margin akan disesuaikan dengan pedoman penulisan yang ada di kampus Anda.

Berikut ini Katadata.co.id  telah merangkum sejumlah cara menampilkan margin di Word dan metode untuk mengatur ukurannya. Langsung saja, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menampilkan Margin di Word yang Mudah

Pada dasarnya margin atau garis tepi bisa ditampilkan di lembar kerja Microsoft Word. Sedangkan untuk mengatur margin, Anda harus pergi ke menu Page Layout pada toolbar. Lalu pilih bagian Margin dalam grup Page Setup.

Margin di Microsoft Word biasanya ditampilkan dengan garis putus-putus yang ada pada lembar kerja. Keberadaan margin sendiri sangat penting karena membantu Anda mengetahui batas teks dengan tepi kertas. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa mengatur jarak teks agar tidak terpotong saat proses pencetakan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...