5 Pekerjaan yang Cocok untuk Ekstrovert Ini Bakal Menambah Semangat

Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert dan bisa Anda pilih.
Image title
23 September 2022, 18:51
pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert
Unsplash

Introvert dan ekstrovert adalah dua kepribadian yang menjadi topik hangat belakangan ini. Setiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk saat bekerja. Alhasil, dalam memilih pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert juga memerlukan pertimbangan yang tepat.

Bila Anda sedang mencari pekerjaan, Anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian Anda. Untuk para introvert, biasanya mereka  lebih cocok bekerja mandiri atau yang tidak melibatkan interaksi dengan banyak orang. Di sisi lain, ekstrovert justru lebih nyaman bila ia bertemu dengan banyak orang dalam melakukan pekerjaanya. 

Namun, apakah penting itu  mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian? Jawabannya adalahi penting. Alasannya adalah kepribadian individu memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kesuksesan mereka di masa depan. Selain itu, semua pekerjaan yang Anda lakukan akan terasa lebih ringan karena sesuai dengan karakter Anda.

Artikel ini akan membahas pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert. Orang yang memiliki kepribadian ini biasanya memiliki karakter yang ramah, ekspresif, dan  mudah bergaul. Tidak seperti introvert yang senang menyendiri, ekstrovert justru senang berkumpul dengan banyak orang karena dari sana mereka mendapat energinya.

Advertisement

Bila Anda seorang ekstrovert, ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang cocok. Berikut ini lima pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mencari pekerjaan.

1. Event Planner

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert yang bisa Anda eprtimbangkan adalah event planner. Profesi ini biasanya memiliki tugas untuk mengkoordinasikan jalannya acara besar seperti acara ulang tahun atau pernikahan. Bisa dibilang, pekerjaan ini bisa dibilang hampir sama dengan wedding organizer atau event organizer.

Untuk mengkoordinasikan jalannya acara, aasa beberapa tugas yang harus dilakukan. Tugas tersebut antara lain  memikirkan ide acara, mengatur jalannya acara, mengatur katering, mencari bintang tamu atau guest, memilih tempat, berkoordinasi dengan klien, dan lain-lain.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi individu yang banyak memiliki ide-ide inovatif. Hal itu karena, seorang penyelenggara dituntut untuk kreatif menyusun acara. Selain itu, mereka harus memiliki skill komunikasi yang mumpuni karena harus menjadi penghubung klien dengan sebagai vendor.

Seorang event planner juga harus bertemu dengan banyak orang untuk melakukan koordinasi dan egosisasia demi kesuksesan acara mereka. Bila Anda memenuhi semua kualifikasi tersebut, maka pekerjaan ini cocok untuk Anda.

2. Customer Success Manager (CSM)

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert berikutnya adalah customer success manager (csm). Profesi ini  biasanya bertanggung jawab untuk memastikan kepuasan pelanggan. 

Untuk memastikan hal tersebut, mereka akan fokus untuk membangun hubungan dengan klien, baik jangka panjang maupun pendek. CSM  juga berperan menjadi kontak utama untuk melayani pelanggan.

CSM adalah profesi yang mengharuskan pekerja nya untuk selalu siap membantu pelanggan ketika mereka memiliki masalah,pertanyaan, atau keluhan. Merek juga harus proaktif, ramah, mampu bernegosiasi maupun memberikan rekomendasi.

Profesi ini sangat penting, sehingga banyak perusahaan membuka lowongan untuk pekerja ini. Jadi, bila Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, senang berinteraksi melalui telepon atau bertemu dengan orang lain, maka profesi ini sangat cocok bagi Anda.

3. Public Relation

Public relation adalah pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk ekstrovert  karena pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk berbicara dengan banyak orang. Bisa dibilang profesi ini berperan sebagai humas perusahaan karena dia yang akan menjalin hubungan dengan masyarakat, maupun dengan rekan bisnis perusahaan. 

Ia juga berperan membantu perusahaan menyebarkan citra positif perusahaan. Untuk melaksanakan tugas tersebut, mereka akan menyebarkan berita penting perusahaan baik melalui kunjungan, konferensi pers, atau posting di media sosial. 

Pekerjaan ini menuntut kemampuan komunikasi dan membangun relasi yang baik. Bila Anda memiliki kemampuan tersebut, Anda bisa memilih pekerjaan ini. 

4. Marketing Manager

Saat ini, banyak orang menggunakan e-commerce sebagai platform untuk mendapatkan penghasilan. Maka tidak mengherankan begitu banyak online shop bermunculan. Agar bisnis mereka berjalan lancar, mereka pun mempekerjakan orang-orang yang memiliki passion di bidang marketing.

Marketing manager pada umumnya bertugas mengurusi promosi produk. Tidak hanya itu, mereka juga harus mampu menanamkan brand awareness atau kesadaran terhadap produk kepada pelanggan. 

Tugas seperti ini jelas memerlukan orang dengan kemampuan social skill yang baik dan cerdas dalam membangun suasana kebersamaan. Bila Anda memiliki kemampuan tersebut, tidak ada salahnya Anda jadikan marketing manager sebagai profesi Anda. 

5. Travel Blogger

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert terakhir adalah travel blogger. Bagi Anda yang hobi jalan-jalan atau mengeksplorasi tempat baru, jelas profesi ini adalah pilihan yang menyenangkan .

Untuk melakukan pekerjaan ini, para travel blogger biasanya mengandalkan media sosial seperti Youtube atau Instagram untuk menaikan perjalanan mereka dan mendapatkan viewers. Apalagi jika mereka memiliki kemampuan fotografi dan videografi, tentunya konten yang dihasilkan bakal mendpatkan banyak viewers

Untuk melakukan profesi ini,  Anda harus memiliki manajemen diri yang baik, serta kreatif dalam mencari tempat-tempat baru yang berbeda. Dengan begitu, pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert ini dapat menghasilkan keuntungan lebih bagi Anda.  

Jika Anda seorang ekstrovert yang sedang mencari pekerjaan, Anda bisa mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian Anda tersebut. Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda pilih termasuk lima pekerjaan di atas.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait