Metode Waterfall adalah Pengembangan Software, Ini Tahapannya

Dwi Latifatul Fajri
27 September 2022, 15:41
Metode waterfall adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak
pixabay.com/ Bruno /Germany
Ilustrasi Fiber Optik

Metode waterfall adalah metode yang menggambarkan pendekatan sistematis dan berurutan pada perangkat lunak (software). Metode ini juga disebut sebagai siklus hidup klasik. Adapun tahapan metode waterfall dibagi menjadi lima, yaitu perencanaan, model, konstruksi, dan penyerahan sistem ke pengguna, dan dukungan perangkat lunak.

Mengutip dari Raharja.ac.id, metode waterfall dikenalkan oleh Winston Royce. Metode ini dianggap kuno, karena tetapi banyak dipakai dalam Software Engineering (SE).

Advertisement

Metode Waterfall 

Metode waterfall adalah metode pengembangan perangkat lunak siklus hidup klasik. Waterfall disebut juga metode air terjun untuk menggambarkan pendekatan sistematis dan berurutan pada perangkat lunak.

Metode waterfall ini menjelaskan kemajuan teknologi yang mengalir ke bawah, sehingga dianalogikan seperti air terjun. Karena tiap tahap yang dikerjakan berurutan dari atas ke bawah.

Metode waterfall memiliki kekurangan dan kelebihan untuk pengembangan software. Kelebihan metode waterfall yaitu rangkaian kerja jelas, hemat waktu, biaya, cocok untuk pembuatan software berskala besar.

Namun metode waterfall memiliki kekurangan seperti membutuhkan tim manajemen yang solid, proses pembuatan lebih lama, hingga kenaikan biaya untuk pengerjaan. Kekurangan lain metode waterfall yaitu berdampak pada klien.Misalnya ketika proyek berjalan, klien ingin mengeluarkan pendapat dan revisi dilakukan di tahap awal yaitu perancangan aplikasi.

Tahapan Metode Waterfall

Menurut Pressman dan Maxim (2015), pengembangan metode waterfall dibagi menjadi lima tahapan. berikut penjelasannya:

1. Communication

Tahap komunikasi menjadi tahap awal metode waterfall. Tahap ini kebutuhan dan data dipakai untuk pengembangan perangkat lunak.

2. Planning

Tahap perencanaan yaitu estimasi waktu, penjadwalan, dan pelacakan pengembangan perangkat lunak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement