Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik Lengkap

Annisa Fianni Sisma
27 September 2022, 17:15
PERBEDAAN KOMPOR INDUKSI DAN KOMPOR LISTRIK
PEXEL
Ilustrasi memasak dengan kompor listrik

Kompor induksi dan kompor listrik kini menjadi sorotan karena inovasi yang menarik dan keamanan yang tinggi lebih dari kompor gas. Banyak orang yang telah beralih dari kompor gas ke kompor induksi atau kompor listrik.

Faktor yang mempengaruhi peralihan tersebut beberapa di antaranya yakni tampilannya yang mewah dan sederhana, membuat pengguna mudah membersihkannya. Selain itu, kompor induksi dan kompor listrik ini dianggap memiliki keamanan yang sangat memadai dan mampu menggunakan energi secara efektif.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kompor induksi dan kompor gas, berikut perbedaan kompor induksi dan kompor listrik.

Kompor Induksi

Kompor induksi menjadi sorotan karena karakteristiknya yang menarik. Inovasi lain yang mendukung penggunaan kompor lebih baik pun menjadi faktor pemilihan kompor induksi.

Namun, setiap teknologi memiliki kelemahan dan kelebihan, termasuk juga Kompor Induksi. Berikut penjelasan kelemahan dan kelebihan kompor induksi untuk mengetahui perbedaan kompor induksi dan kompor listrik.

Kelebihan Kompor Induksi

Kelebihan kompor induksi yakni kompor akan tetap dingin meski disentuh setelah digunakan untuk memasak. Kompor ini juga mudah dibersihkan.

Kemampuan kompor induksi yang tidak panas meskipun setelah digunakan memasak menyebabkan biaya energi rendah dan dapur lebih dingin. Berkaitan dengan suhu, suhu maksimum yang dapat dicapai kompor induksi adalah 351 derajat celcius.

Kompor induksi ini menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memanaskan alat masak agar dapat digunakan. Oleh karena itulah, kompor induksi dapat secara instan kembali dingin saat dimatikan. Kompor induksi mampu menghantarkan sekitar 80 % hingga 90 % energi elektromagnetiknya ke makanan dalam wajan. Ini membantu mempercepat proses memasak dan membuat makanan lebih cepat matang.

Kelemahan Kompor Induksi

Selain kelebihan, kompor induksi juga memiliki kelemahan. Kelemahan kompor ini adalah harganya yang lebih mahal daripada kompor listrik. Selain itu, kompor induksi membutuhkan alat masak yang sesuai dengan induksi seperti besi tuang dan baja yang anti karat.

Dari segi keamanannya, kompor induksi dinilai lebih aman daripada jenis kompor lain. Kompor induksi bekerja dengan cara memanaskan item yang terbuat dari besi, tidak mengeluarkan api atau meninggalkan panas di kompor setelah dimatikan.

Kompor Listrik

Kompor listrik mungkin lebih dikenal daripada kompor induksi. Kompor ini menggunakan daya listrik untuk memasak makanan dan mengalirkan panas ke makanan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...