Mengenal Sudut Lurus Beserta Penjelasan dan Contohnya

udut lurus adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran sebesar setengah lingkaran dimana satu putaran penuh sama dengan 360º. Sudut lurus terlihat seperti garis berbeda dengan sudut 0º.
Image title
Oleh Tifani
28 September 2022, 21:13
Ilustrasi Sudut Lurus
Katadata
Ilustrasi Sudut Lurus

Sudut lurus merupakan salah satu ukuran yang dipelajari dalam ilmu Matematika. Untuk itu, dengan mengetahui bermacam jenis sudut, akan memudahkan Anda dalam mempelajari ilmu menghitung tersebut.

Di samping itu, dengan mengetahui berbagai macam jenis sudut bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya  saat ingin membangun rumah, Anda bisa menghitung atau mempertimbangkan sudut yang tepat, salah satunya sudut lurus. 

Sebuah sudut dibentuk ketika dua garis yang berbeda bertemu di satu titik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sudut adalah bangun yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. Sudut sering dilambangkan dengan “<”. Misalnya sudut ABC pada suatu bidang maka penulisannya sama dengan

Jenis – jenis sudut dibedakan berdasarkan besaran derajat daerah sudutnya. Jenis sudut dibagi menjadi 5 jenis yaitu sudut siku – siku, sudut lurus, sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut refleks.

Advertisement

Satu – satunya sudut yang memiliki daerah sudut tepat 180º yaitu sudut lurus. Sudut lurus adalah suatu sudut yang dibangun oleh perputaran sebesar setengah lingkaran dimana satu putaran penuh sama dengan 360º.

Sudut lurus terlihat seperti garis berbeda dengan sudut 0º. Sudut lurus terdiri dari dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari 0º. Sedangkan, sudut 0º terbentuk jika salah satu garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama.

Menghitung besar sudut lurus dapat dilakukan dengan alat bernama busur. Ukuran sudut ditentukan dari banyaknya derajat yang dicakup oleh sudut tersebut.

Adapun cara menggunakan busur tersebut dengan meletakkan titik pusat busur pada titik sudut, memastikan salah satu kaki sudut berimpit dengan garis alas busur atau pada 0°, dan perhatikan angka yang berimpit pada busur derajat.

Sudut lurus akan menunjuk pada angka nol di sebelah kanan atau biasa disebut skala dalam 0º dan skala luar 0º di sebelah kiri.

Contoh Sudut Lurus

Sesuai namanya, sudut ini berbentuk garis tegak lurus dengan memiliki dua lengan. Berbeda dengan garis lurus yang hanya memiliki satu lengan yang menunjuk ke satu arah. Banyak contoh benda – benda di sekeliling kita yang memiliki sudut lurus. Diantaranya seperti penggaris, jembatan, alas meja, dinding tembok, jarum jam yang menunjuk pukul 6, dan lain sebagainya.

Soal dan Pembahasan Sudut Lurus

1. Sudut yang dibentuk pada jarum jam pukul 06.00 adalah …
(A) Sudut lancip
(B) Sudut siku – siku
(C) Sudut tumpul
(D) Sudut lurus

Pembahasan:

Jarum jam pada pukul 06.00 berbentuk garis tegak lurus yang memiliki sudut 180º. Sudut yang memiliki besar daerah sudut 180º yaitu sudut lurus.
∴Maka, pilihan yang sesuai adalah (D) Sudut lurus.

2. Perhatikan gambar berikut!

Ilustrasi Soal Sudut Lurus
Ilustrasi Soal Sudut Lurus (Katadata)



Jika (A) 40º
(B) 50º
(C) 60º
(D) 70º

Pembahasan:

Diketahui jika jumlah derajat yang dimiliki sudut lurus adalah 180º.
xº + 140º = 180º
x = 40º

∴Maka, pilihan yang sesuai adalah (A) 40º

3. Perhatikan gambar berikut!

Ilustrasi Soal Sudut Lurus
Ilustrasi Soal Sudut Lurus (Katadata)



Jika (A) 36º
(B) 45º
(C) 64º
(D) 72º

Pembahasan:

Diketahui ∠AOB + ∠BOC = 180º
3x + 2x = 180º
5x = 180º
x = 180º / 5
x = 36º

∴Maka, pilihan yang sesuai adalah (A) 36º

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait