7 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Ginseng merupakan obat herbal yang kaya manfaat. Berikut ini adalah sederet manfaat ginseng untuk kesehatan.
Image title
5 Oktober 2022, 20:32
Manfaat ginseng untuk tubuh
Unsplash
Manfaat ginseng untuk tubuh

Manfaat ginseng sudah banyak diketahui masyarakat sedari dulu. Bahkan, khasiat herbal satu ini sering dikaitkan dengan kebugaran pria dewasa.

Ginseng tergolong ke dalam tanaman suku Araliaceae. Bagian akar pada tumbuhan ini adalah yang paling sering diambil manfaatnya. 

Secara umum, habitat alami ginseng berada di belahan bumi utara seperti Siberia, Manchuria, Amerika Serikat, dan tentunya Korea. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik di wilayah beriklim tropis.

Sedangkan di Vietnam, ditemukan ginseng tropis bernama Panax vietnamensis. Namun, untuk jenis ginseng yang paling terkenal adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea (Panax ginseng).

Advertisement

Manfaat ginseng datang dari kandungan di dalamnya. Menurut beberapa ahli, herbal tersebut menghadirkan senyawa aktif bernama ginsenosides yang memiliki kandungan antiradang, antikanker, dan antioksidan.

Tidak hanya baik bagi kebugaran kaum adam, manfaat ginseng juga dipercaya mampu menyehatkan tubuh. Berikut adalah rangkuman manfaat ginseng

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Mengutip laman Healthline, manfaat ginseng sangat beragam. Banyak ahli meyakini, bahwa ginseng Amerika bekerja sebagai agen relaksasi, sedangkan varietas dari kawasan Asia memiliki efek menyegarkan.

Untuk mengetahui seperti apa manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh, berikut penjelasannya menurut Medical News Today dan Healthline:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Dalam studi yang dilakukan di tahun 2016, ditemukan fakta menarik bahwa manfaat ginseng, terutama ginseng merah Korea dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. 

Penelitian lebih lanjut menyebutkan, kandungan senyawa pada ginseng memiliki potensi untuk mengobati beberapa defisit kognitif. Kandungan itu dianggap mampu mengurangi stres oksidatif, sehingga fungsi kognitif pada otak meningkat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ginseng diperkaya oleh nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh dan bisa mendatangkan manfaat. 

Di dalam ginseng terdapat kandungan mineral seperti kalsium, serat, folat dan zat besi. Hal ini kemudian ditambah dengan berbagai macam vitamin seperti B1, B2, B5, serta C yang tersimpan pada herbal tersebut.

Sejumlah studi menyimpulkan manfaat ginseng yang paling terasa adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, bila dikonsumsi secara teratur ginseng dipercaya mampu meningkatkan kualitas hidup.

3. Dapat Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Bagi kaum hawa, munculnya penuaan dini akan terasa sangat menyebalkan. Sebab, hal tersebut akan mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu kecantikannya.

Untungnya, ginseng hadir sebagai obat herbal yang kaya antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, antioksidan berperan penting dalam melindungi sel-sel sehat pada kulit dari serangan radikal bebas. Terlebih lagi manfaat ginseng ini diklaim mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh.

4. Diklaim Bisa Mencegah Kanker

Manfaat ginseng berikutnya yaitu herbal ini dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa jenis kanker tertentu.

Kandungan ginsenosides yang ada pada ginseng, telah terbukti membantu mengurangi peradangan, serta memberikan perlindungan antioksidan yang baik. 

Dalam beberapa studi, disebutkan kalau kandungan tersebut sangat menguntungkan. Utamanya sebagai pencegah munculnya pertumbuhan sel abnormal.

Penelitian lain menunjukan, orang yang rutin mengkonsumsi ginseng secara teratur kemungkinan memiliki risiko 16 % lebih rendah terkena kanker.

5. Membantu Mengatasi Gangguan Ereksi

Gangguan ereksi pada pria dapat diatasi dengan rutin meminum ginseng. Alasannya karena berdasarkan studi yang sudah dilakukan, manfaat ginseng salah satunya sebagai opsi pengobatan alternatif, untuk masalah disfungsi ereksi.

Ginseng berperan dalam meningkatkan produksi oksida nitrat, senyawa yang dibutuhkan pada proses relaksasi otot di alat kelamin pria. Bukan hanya itu saja, tanaman ini bisa memperlancar sirkulasi darah.

Singkatnya, senyawa yang terkandung pada ginseng memberikan manfaat baik bagi pembuluh darah serta jaringan yang ada di alat kelamin pria. Sehingga manfaat ginseng ini membantu mengembalikan fungsi normalnya.

6. Mengurangi Gula Darah

Ginsenosides di dalam ginseng berfungsi untuk mempengaruhi produksi insulin di pankreas dan meningkatkan resistensi insulin menggunakan mekanisme lain.

Dampak positifnya, manfaat ginseng dianggap membantu menurunkan gula darah serta mengobati diabetes. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 silam.

7. Mencegah Flu

Ginseng bisa dipakai untuk suplemen guna mencegah flu. Hal ini karena kandungan di dalamnya memberikan efek baik bagi tubuh.

Selain itu, sebuah studi menunjukan bahwa ekstrak ginseng merah dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel epitel paru-paru manusia yang terinfeksi virus influenza.

Demikian sederet manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh. Meski berdampak baik, konsumsi ginseng baik dalam bentuk olahan minuman atau semacamnya perlu diperhatikan. Mengingat tanaman ini juga punya efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait