Cuaca Panas adalah Meningkatnya Suhu, Ini Penyebab dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2022, 09:37
Cuaca panas adalah sinar matahari yang memancarkan cahaya terik.
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Ilustrasi Cuaca Panas

Cuaca panas dan terik terjadi di Indonesia dan negara tropis lain. Hampir semua negara mengalami musim panas yang identik dengan turun hujan. Umumnya negara di bagian utara mengalami musim panas dari bulan Juni sampai September.

Sedangkan bumi bagian selatan mengalami musim panas dari Desember sampai Maret. Cuaca panas mengakibatkan suhu tubuh meningkat dan mengeluarkan keringat, untuk mendinginkan diri.

Cuaca panas adalah meningkatnya suhu dalam periode waktu tertentu. Ada dua jenis cuaca panas yaitu panas kering dan panas lembab. Panas kering ada di sebagian besar iklim gurun. Sedangkan panas lembab terjadi ketika uap air laut naik.

Pengertian Cuaca Panas

Cuaca panas adalah sinar matahari yang memancarkan cahaya terik. Cuaca panas membuat suhu udara meningkat dan rasanya seperti membakar kulit. Ketika cuaca panas, banyak debu beterbangan karena angin kencang.

Cuaca dapat diramalkan dengan cara mengamati keadaan langit. Di televisi, terdapat tayangan prakiraan cuaca hari tersebut. Ramalan cuaca ini bisa berbeda antar kota.

Menurut BMKG kenaikan suhu udara di Indonesia terjadi karena perubahan pola magnitudo. Mengutip dari Bmkg.go.id, tren cuaca panas di Indonesia dipengaruhi faktor klimatologis yang diamplifikasi dinamika atmosfer. Hal ini menyebabkan cuaca lebih panas.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...