Musim Dingin adalah saat Suhu Bumi di Level Rendah, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2022, 14:52
Musim dingin adalah kebalikan dari musim panas
annarborapartments.net
Ilustrasi musim dingin dan musim panas

Negara subtropis memiliki empat musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Musim terbentuk karena kondisi iklim khusus. Setiap musim memiliki suhu, pola cahaya, dan cuaca yang berulang setiap tahunnya.

Musim berhubungan dengan iklim yang berubah dalam waktu setahun. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, musim adalah waktu tertentu yang berkaitan dengan keadaan iklim. Sedangkan musim dingin adalah masa peralihan dari musim gugur. Berikut penjelasan tentang musim dingin dan musim panas.

Advertisement

Pengertian Musim Dingin

Musim dingin adalah musim terdingin yang ada di bumi. Belahan bumi bagian utara mengalami musim dingin dari 21 Desember sampai 21 Maret. Sedangkan musim dingin di Selatan terjadi 21 Juni sampai 23 September.

Musim dingin ditandai dengan suhu udara rendah dan munculnya salju. Beberapa negara suhu bisa dibawah 0 derajat celcius ketika bumi dingin tiba. Musim dingin disebut juga musim salju karena air hujan berubah menjadi salju.

Salju terbentuk karena uap air yang ada di permukaan bumi berada di atmosfer. Tetapi uap air ini perlahan berkumpul menjadi butiran kecil kristal. Selanjutnya turun butiran salju yang jatuh ke permukaan bumi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement