Cuaca Cerah adalah saat Langit Terang, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2022, 09:41
Cuaca cerah adalah sinar matahari yang bersinar terang tetapi suhu tidak terlalu panas
www.westmeathindependent.ie
Ilustrasi Cuaca Cerah

Cuaca merupakan keadaan udara dalam periode tertentu. Iklim adalah suhu rata-rata udara di daerah yang lebih luas dan jangka waktu lama. Ilmu yang mempelajari cuaca adalah meteorologi, sementara ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.

Ada berbagai macam kondisi cuaca seperti cuaca berawan, dingin, berangin, dan hujan. Kondisi cuaca mempengaruhi kegiatan manusia. Contohnya saja petani menanam padi ketika musim hujan dan nelayan melaut ketika cuaca cerah.

Cuaca cerah adalah sinar matahari yang menerangi bumi, udara terasa hangat, dan langit terang. Cuaca cerah berbeda dengan cuaca panas karena sinar matahari menyengat kulit. Selain itu awan terlihat lebih tipis, sehingga tidak menunjukkan tanda-tanda akan hujan.

Pengertian Cuaca Cerah

Cuaca cerah adalah keadaan dimana sinar matahari memancarkan sinar dan langit terang. Meski matahari bersinar terang, tetapi udara terasa hangat dan langit hanya sedikit.

Pengertian cuaca yaitu keadaan atmosfer di suatu tempat. Cuaca berhubungan dengan kelembaban, sinar matahari, angin, hujan, dan suhu panas. Banyak orang menganggap cuaca cerah tidak ada awan dan sinar matahari menghangatkan.

Tetapi cuaca cerah tidak berarti suhu hangat. Suhu dingin bisa hadir ketika hari-hari cerah. Ketika hari berawan, sinar matahari dapat terhalang ke permukaan bumi. Namun, hari berawan ini dapat memerangkap panas di permukaan tanah.

Jenis-jenis Cuaca

BMKG menggunakan alat untuk menganalisis prakiraan cuaca. Cara melihat prakiraan cuaca yaitu mengamati keadaan angin. Prakiraan cuaca bisa berbeda antar daerah satu sama lain.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...