Musim Gugur adalah Peralihan Musim Dingin, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2022, 15:35
Musim gugur adalah jenis musim yang ditandai dengan gugurnya daun dan udara lebih dingin
www.nickleelectrical.com
Ilustrasi musim gugur

Terbentuknya musim karena bumi mengelilingi matahari, dan melakukan rotasi sesuai poros. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, musim diartikan waktu tertentu yang bertalian dengan keadaan iklim.

Musim menjadi pembagian waktu dalam setahun. Penentu musim antara lain durasi penyinaran matahari, perubahan cuaca, dan ekologi. Kemiringan rotasi bumi menyebabkan perbedaan musim di beberapa wilayah.

Untuk Indonesia yang berada di garis ekuator memiliki iklim tropis dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Sedangkan negara beriklim subtropis jauh dari garis khatulistiwa.

Negara beriklim subtropis ini memiliki empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan musim semi. Musim gugur adalah kebalikan dari musim semi yang ditandai daun berguguran. Musim dingin kebalikan dari musim panas, dimana udara lebih dingin dan muncul salju.

Pengertian Musim Gugur

Musim gugur adalah lawan dari musim semi. Daun yang berguguran menandakan musim gugur telah tiba. Sedangkan musim semi ditandai dengan tumbuhnya daun-daun dan mekarnya bunga. Beberapa negara beriklim subtropis mengalami peralihan dari musim panas ke musim dingin.

Hari-hari bertambah pendek dan dingin ketika musim gugur. Bumi bagian utara mengalami musim gugur sekitar 23 September sampai 21 Desember. Sedangkan bumi belahan selatan terjadi sekitar 21 Maret sampai 21 Juni.

Ciri-ciri Musim Gugur

Ciri-ciri musim gugur ditandai curah hujan sedang, daun berguguran, dan peralihan ke musim dingin. Ciri lainnya, yaitu udara mulai terasa dingin.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...