10 Hewan Tercepat di Dunia, Habitat Darat dan Laut

Image title
11 Oktober 2022, 05:38
Ilustrasi, cheetah, hewan tercepat di dunia
Pexels/Trace Hudson
Ilustrasi, cheetah, hewan tercepat di dunia

Tergantung tempat hidupnya, hewan tercepat di dunia dapat diukur dengan kecepatan lari atau renangnya. Cheetah merupakan hewan tercepat di dunia yang berhabitat di darat, sedangkan ikan setuhuk merupakan hewan tercepat di dunia yang berhabitat di laut.

Selain kedua hewan tersebut, ada sejumlah hewan tercepat di dunia yang menarik untuk dipelajari. Berikut pembahasannya.

Hewan Tercepat di Dunia Berhabitat di Darat

Berikut daftar hewan tercepat di dunia berhabitat di darat.

1. Cheetah

Berdasarkan data Smithsonian National Zoo & Conservation Biology Institute, cheetah merupakan hewan tercepat di dunia. Kecepatannya mencapai 112 kilometer per jam dan dapat berakselerasi dari nol ke 45 hanya dalam 2,5 detik.

Cheetah memiliki tubuh yang ramping dan berkaki panjang dengan cakar yang tumpul. Bentuk tubuh tersebut bermanfaat untuk mencapai kecepatan optimal. Pada kecepatan tertinggi, cheetah mampu melangkah selebar 7 meter.

Kepala cheetah berukuran kecil dengan mata yang tinggi. Terdapat bercak hitam yang mengalir dari sudut dalam mata cheetah hingga ke mulutnya.

2. Kijang tanduk bercabang (Pronghorn)

Kijang tanduk bercabang merupakan hewan tercepat di dunia urutan kedua. Hewan ini dapat berlari hingga 98 kilometer per jam. Tingginya sekitar 91 cm dan badannya dominan berwarna coklat kemerahan.

Selain itu, kijang tanduk bercabang memiliki perut putih dan garis-garis putih lebar di tenggorokan mereka. Ketika terkejut, binatang ini mengangkat rambut di pantat mereka untuk menampilkan bulu putih yang mencolok.

3. Springbok

Menempati urutan ketiga sebagai hewan tercepat di dunia, springbok dapat berlari hingga kecepatan 88 kilometer per jam. Springbok adalah sejenis antelop asli Afrika dan Eurasia. Hewan ini dicirikan oleh wajah putih dengan garis gelap yang membentang dari mata ke mulut.

Tubuh springbok berlapis mantel coklat muda yang ditandai dengan garis coklat kemerahan yang membentang dari kaki depan bagian atas ke pantat dan di sepanjang panggul.

4. Wildebeest

Kecepatan binatang wildebeest mencapai 80 kilometer per jam. Hewan tercepat di dunia urutan keempat ini memiliki kepala besar seperti kotak dengan tanduk melengkung. Ujung depan tubuh mereka kekar, sedangkan bagian belakangnya ramping dengan kaki kurus.

Wildebeest memiliki mantel abu-abu dan surai hitam serta janggut yang bisa berwarna hitam atau putih. Hewan ini biasanya menghuni dataran Serengeti di tenggara Afrika. Sehari-hari, mereka merumput di sabana dan hutan terbuka.

5. Kuda Kuartal Amerika (American Quarter Horse)

Kuda kuartal Amerika atau American quarter horse dapat berlari hingga 71 kilometer per jam, menjadikannya hewan tercepat di dunia urutan keempat. Kuda ini berperawakan pendek dan kekar dengan perkembangan otot yang berat.

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...