Hanya Seukuran Genggaman Tangan, Ini 5 Hewan Terkecil di Dunia

Image title
27 April 2022, 09:46
hewan terkecil di dunia
Dreamstime.com
Ilustrasi, kelinci pigmi yang merupakan salah satu hewan terkecil di dunia

Di atas muka bumi, ada beragam makhluk yang diciptakan oleh Tuhan selain manusia. Di antaranya hewan terkecil di dunia. Para wehan tersebut ada beragam spesiesnya, berikut lima di antaranya yang dilansir dari Gramedia.com:

1. Pygmy Marmoset

Hewan terkecil dunia yang pertama adalah Pygymy Marmoset atau Marmoset kerdil. Hewan ini adalah salah satu primata yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia, bahkan ukuran tubuhnya pun hanya sebesar ibu jari.

Panjang tubuh yang dimiliki hewan ini tanpa ekornya sekitar 117 – 152 milimeter dan ekornya memiliki panjang sekitar 172 – 229 milimeter. Pygmy Marmoset yang sudah dewasa akan memiliki berat sekitar 100 gram, sedangkan untuk betina memiliki tubuh yang lebih besar dari jantan.

Makanan hewan ini adalah getah pohon. Setiap harinya, mereka akan terus menggerogoti kulit pohon dengan gigi khususnya hingga kulit pohon atau tanaman terkelupas dan bisa mendapatkan getahnya. Selain itu, hewan ini juga dapat memakan serangga serta buah-buahan.

Tubuh Pygmy Marmoset memiliki warna kuning kecokelatan dengan warna abu-abu kehitaman pada bagian kepalanya. Leher yang dimiliki primata ini seperti burung hantu, yaitu bisa berputar hingga 180 derajat. Hewan ini juga memiliki cakar yang tajam untuk membantunya mencengkeram kulit-kulit pohon. Meski hewan ini memiliki tubuh yang kecil, namun ia bisa melompat hingga ketinggian 5 meter.

Habitat asli Pygmy Marmoset berada di hutan hujan Amazon, namun habitatnya tersebut sudah terancam rusak karena penggundulan hutan di hutan hujan Amazon. Saat ini hewan ini dirawat di kebun binatang kota Wina yang ada di Austria. Kebun binatang tersebut membuat proyek untuk Pygmy Marmoset melindungi spesiesnya agar tidak semakin langka dengan membuat proyek bernama “Endangered Animals in Europe”.

2. Madame Berthe's Mouse Lemur

Madame Berthe’s Mouse Lemur memiliki nama latin microcebus berthae ini merupakan primata yang hidup di Madagaskar. Lemur memiliki banyak spesies yang dapat ditemukan di Pulau Madagaskar, namun lemur inilah yang unik karena memiliki tubuh yang mungil. Lemur ini memiliki panjang tubuh sekitar 9 – 11 centimeter, dengan panjang ekor 12 – 14 centimeter, serta beratnya rata-rata mencapai 30,6 gram.

Madame Berthe’s Mouse Lemur memiliki warna punggung kemerahan dengan garis gelap dari bahu belakang sampai ekornya. Warna bulu yang ada di perutnya adalah krem atau abu-abu pucat. Lemur ini juga memiliki hidung yang kecil namun mata yang besar dan dilapisi oleh tapetum lucidum yang berfungsi untuk melihat di malam hari.

Madame Berthe’s Mouse Lemur sekarang hidup ini Taman Nasional Hutan Kirindy yang ada di sebelah barat Pulau Madagaskar. Selain itu, primata ini juga dapat ditemukan di daerah Ambarida dan Cagar Andranomena. Biasanya lemur ini tinggal di dalam sarang yang dibentuk dari daun dan ranting atau juga melubangi pohon.

Lemur ini biasanya tinggal di hutan yang cukup kering dengan durasi kemarau selama 7 bulan. Lemur ini juga termasuk hewan omnivora, mereka memakan buah, serangga, dan hewan vertebrata seperti bunglon, dan tokek yang berukuran kecil.

Hewan ini sangat aktif di malam hari, atau bisa disebut dengan hewan nokturnal. Pada malam hari, mereka biasanya bergerak sendirian di pepohonan yang disebut sebagai hewan soliter. Lemur yang memiliki kelamin jantan memiliki wajah yang lebih lebar daripada lemur betina. Meski dikatakan sebagai hewan penyendiri, namun mereka juga dapat bertumpang tindih saat melakukan interaksi dengan lemur lain.

3. Brookesia Micra

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...