7 Manfaat Senam Pagi bagi Tubuh

Manfaat senam pagi bagi tubuh sangat beragam. Bila dilakukan rutin, aktivitas ini dapat mencegah penuaan hingga memperkuat daya ingat.
Image title
11 Oktober 2022, 23:16
manfaat senam pagi bagi tubuh
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sejumlah tenaga medis, relawan dan pasien COVID-19 mengikuti kegiatan senam pagi di Rumah Singgah Karantina COVID-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Kegiatan senam rutin yang dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB selama 25 menit tersebut diharapkan bisa meningkatkan tingkat imunitas sehingga bisa meningkatkan tingkat kesembuhan pasien COVID-19.

Aktivitas olahraga di pagi hari dengan melakukan gerakan senam sederhana, ternyata bisa membawa manfaat yang baik bagi kesehatan. Apalagi di momen tersebut kondisi udara masih terasa segar, sehingga cocok untuk melatih sistem pernapasan.

Manfaat senam pagi bagi tubuh mulai dari menjaga kebugaran fisik, serta memberikan jeda bagi otak untuk refresh sejenak. Dengan begitu, badan kita akan lebih siap menjalankan rutinitas yang padat.

Menurut sebuah studi dari University of Texas, disebutkan bahwa seorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi cenderung lebih fokus untuk menjalankan aktivitasnya. Ditambah dengan berolahraga, dia akan lebih siap mengawali harinya.

Olahraga yang bisa dicoba saat pagi hari adalah senam. Untuk mengetahui apa saja manfaat senam pagi bagi tubuh, simak pembahasannya berikut ini.

Advertisement

Senam Pagi Indonesia 

Di Indonesia, senam termasuk ke dalam olahraga rekreasi yang bisa dilakukan sendiri atau bersama teman dan keluarga. Mengutip buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, di Tanah Air ada salah satu senam umum yang dikenal sebagai Senam Pagi Indonesia (SPI).

Sesuai namanya, senam ini dilakukan pada pagi hari ketika keadaan udara masih segar. Dijelaskan juga bahwa senam pagi masuk dalam kategori senam aerobik. Alasannya, karena olahraga ini menekankan pada gerakan latihan inti dan pernapasan.

Pada prakteknya, pesenam akan menjalankan tujuh bentuk latihan dalam dua set. Setelah itu, di bagian akhir terdapat latihan pernapasan.

Secara keseluruhan gerakan SPI dapat membuat badan lebih segar. Oleh karenanya, manfaat senam pagi bagi tubuh akan langsung terasa.

Manfaat Senam Pagi bagi Tubuh

Senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan fisik yang paling sederhana. Sebab, orang yang melakukannya cukup menggerakkan dan meregangkan anggota tubuhnya.

Senam yang dijalankan pada pagi hari tentu berdampak baik bagi kesehatan, sekaligus melatih stamina agar tubuh tidak mudah merasa lelah.

Adapun manfaat senam pagi bagi tubuh antara lain sebagai berikut:

1. Memelihara Kebugaran Tubuh

Gerakan senam pagi yang dinamis dan ritmis, secara tidak langsung ikut memompa hormon adrenalin di dalam tubuh. Pada prosesnya, badan terasa lebih energik untuk beraktivitas setelahnya.

Senam pagi merupakan olahraga ringan yang layak dicoba. Dengan rutin melakukannya setiap hari, maka manfaat senam pagi bagi tubuh bisa memelihara kebugaran fisik agar lebih prima.

2. Meningkatkan Fungsi Jantung

Senam aerobik, termasuk di dalamnya yaitu senam pagi dapat meningkatkan asupan oksigen di dalam tubuh dan memperlancar detak jantung. Sehingga, orang yang rutin melakukannya memiliki kondisi tubuh yang sehat dan terjaga.

3. Menguatkan Sendi dan Tulang

Menyeimbangkan sel osteoblas dan osteoklas begitu penting untuk menjaga kesehatan tulang. Osteoblas berperan dalam membentuk tulang sejati serta jaringan ikat membran.

Sementara sel osteoklas berfungsi untuk menyerap kalsium, agar bisa digunakan oleh sel osteoblas guna membentuk tulang baru.

Banyak ahli percaya, manfaat senam pagi bagi tubuh salah satunya yakni menyeimbangkan kedua sel tersebut. Alhasil, proses pembentukan tulang berjalan optimal sekaligus menurunkan risiko terjadinya osteoporosis

4. Menurunkan Berat Badan

Tempo dan gerakan pada senam pagi yang dinamis, berperan besar dalam proses pembakaran kalori yang diubah menjadi energi. Jika dilakukan teratur, aktivitas senam ini berpotensi membantu menurunkan berat badan.

5. Menghambat Penuaan

Darah mengangkut oksigen dan nutrisi yang diperlukan ke setiap jaringan tubuh. Karena itu, ketika sistem peredaran darah dalam kondisi baik, semua anggota tubuh mendapat suplai kedua komponen ini secara menyeluruh. 

Senam pagi dapat memperlancar sistem peredaran darah. Singkatnya, hal tersebut membantu tubuh terhindar dari penuaan.

6. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Bukan rahasia umum kalau olahraga yang menyenangkan akan meningkatkan mood. Sehingga, kondisi tubuh jadi lebih segar untuk beraktivitas.

Manfaat senam pagi bagi tubuh dapat merangsang munculnya hormon endorfin. Untuk itu, jika dilakukan secara teratur, maka kondisi stres yang dialami akan berkurang hingga mood akan kembali meningkat.

7. Memperkuat Daya Ingat

Penyebaran oksigen secara menyeluruh ke jaringan tubuh, dinilai mampu menaikan fungsi otak dan memperkuat daya ingat.

Senam pagi diketahui bisa menjaga asupan oksigen ke otak lewat gerakan fisik dinamis. Bila kebutuhan oksigen ini terpenuhi, maka hasilnya fungsi kognitif juga akan ikut mengalami peningkatkan. 

Hal tersebut sejalan dengan pendapat para ahli, yang menyatakan olahraga seperti senam pagi dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait