7 Manfaat Senam Pagi bagi Tubuh

Image title
11 Oktober 2022, 23:16
manfaat senam pagi bagi tubuh
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sejumlah tenaga medis, relawan dan pasien COVID-19 mengikuti kegiatan senam pagi di Rumah Singgah Karantina COVID-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Kegiatan senam rutin yang dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB selama 25 menit tersebut diharapkan bisa meningkatkan tingkat imunitas sehingga bisa meningkatkan tingkat kesembuhan pasien COVID-19.

Aktivitas olahraga di pagi hari dengan melakukan gerakan senam sederhana, ternyata bisa membawa manfaat yang baik bagi kesehatan. Apalagi di momen tersebut kondisi udara masih terasa segar, sehingga cocok untuk melatih sistem pernapasan.

Manfaat senam pagi bagi tubuh mulai dari menjaga kebugaran fisik, serta memberikan jeda bagi otak untuk refresh sejenak. Dengan begitu, badan kita akan lebih siap menjalankan rutinitas yang padat.

Advertisement

Menurut sebuah studi dari University of Texas, disebutkan bahwa seorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi cenderung lebih fokus untuk menjalankan aktivitasnya. Ditambah dengan berolahraga, dia akan lebih siap mengawali harinya.

Olahraga yang bisa dicoba saat pagi hari adalah senam. Untuk mengetahui apa saja manfaat senam pagi bagi tubuh, simak pembahasannya berikut ini.

Senam Pagi Indonesia 

Di Indonesia, senam termasuk ke dalam olahraga rekreasi yang bisa dilakukan sendiri atau bersama teman dan keluarga. Mengutip buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, di Tanah Air ada salah satu senam umum yang dikenal sebagai Senam Pagi Indonesia (SPI).

Sesuai namanya, senam ini dilakukan pada pagi hari ketika keadaan udara masih segar. Dijelaskan juga bahwa senam pagi masuk dalam kategori senam aerobik. Alasannya, karena olahraga ini menekankan pada gerakan latihan inti dan pernapasan.

Pada prakteknya, pesenam akan menjalankan tujuh bentuk latihan dalam dua set. Setelah itu, di bagian akhir terdapat latihan pernapasan.

Secara keseluruhan gerakan SPI dapat membuat badan lebih segar. Oleh karenanya, manfaat senam pagi bagi tubuh akan langsung terasa.

Manfaat Senam Pagi bagi Tubuh

Senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan fisik yang paling sederhana. Sebab, orang yang melakukannya cukup menggerakkan dan meregangkan anggota tubuhnya.

Senam yang dijalankan pada pagi hari tentu berdampak baik bagi kesehatan, sekaligus melatih stamina agar tubuh tidak mudah merasa lelah.

Adapun manfaat senam pagi bagi tubuh antara lain sebagai berikut:

1. Memelihara Kebugaran Tubuh

Gerakan senam pagi yang dinamis dan ritmis, secara tidak langsung ikut memompa hormon adrenalin di dalam tubuh. Pada prosesnya, badan terasa lebih energik untuk beraktivitas setelahnya.

Senam pagi merupakan olahraga ringan yang layak dicoba. Dengan rutin melakukannya setiap hari, maka manfaat senam pagi bagi tubuh bisa memelihara kebugaran fisik agar lebih prima.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement