Memahami Rumus Volume Silinder dan Contoh Soal

Dwi Latifatul Fajri
13 Oktober 2022, 16:15
Rumus Volume Silinder
Pexels.com/Deepak Gautam
Ilustrasi soal matematika

Silinder atau tabung adalah bangun ruang tiga dimensi. Bangun ruang ini dibentuk dari persegi panjang yang mengelilingi dua buah lingkaran. Kedua lingkaran ini menjadi alas dan penutup persegi panjang berukuran sama. Dengan mengetahui rumus volume silinder, Anda bisa menghitung luas bangun tersebut.

Silinder memiliki prisma dengan alas dan tutup berbentuk lingkaran. Contoh benda berbentuk silinder yaitu gelas, pipa air, drum, tabung, dan kaleng. Rumus volume tabung yaitu mencari luas alas lingkaran dikali tinggi tabung.

Rumus Volume Silinder

Rumus volume silinder adalah πr× h. Cara menghitungnya yaitu mengalikan π (phi), luas jari-jari lingkaran, dan tinggi tabung. Rumus volume tabung dihitung dari luas lingkaran dan tinggi tabung.

Nilai π (ph) adalah 22/7 atau 3,14. Sedangkan rumus volume silinder dilambangkan dengan V (huruf v besar). Satuan volume tabung adalah kubik dengan lambang pangkat tiga misalnya sentimeter kubik (cm3) dan meter kubik (m3).

Contoh Soal Volume Tabung

Silinder
Silinder (Buku Modul USBN SD/MI Tahun 2019: Usman Jayadi)

Diketahui

Jari-jari (r) = 20 cm
tinggi tabung (t) = 15 cm
π = 3,14
Luas alas tabung = πr2
= 3,14 x 20
= 3,14 x 202
= 3,14 x 400 cm3
= 1.256 cm3

Rumus Luas Permukaan Silinder

Silinder atau tabung memiliki selimut tabung, sisi atas (tutup), dan sisi bawah (alas). Bagian selimut tabung adalah persegi panjang. Rumus menghitung luas permukaan silinder berdasarkan jumlah luas dari unsur pembentuknya.

Ada rumus lain yang dipakai untuk menghitung luas, selimut, dan permukaan tabung. Berdasarkan buku Modul USBN SD/MI Tahun 2019: Usman Jayadi, berikut rumus menghitung silinder:

Luas alas tabung = Luas tutup tabung = 2πr2

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...