3 Macam Gaya Lompat Jauh dan Cara Melakukannya

Image title
13 Oktober 2022, 20:23
Tobias Schwarz Taliyah Brooks dari Amerika Serikat beraksi pada Lompat Jauh Putri Kejuaraan Atletik Indoor ISTAF Berlin di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Jerman, Jumat (5/2/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Tobias Schwarz/WSJ/dj
Tobias Schwarz Taliyah Brooks dari Amerika Serikat beraksi pada Lompat Jauh Putri Kejuaraan Atletik Indoor ISTAF Berlin di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Jerman, Jumat (5/2/2021).

Lompat jauh merupakan nomor cabang olahraga (cabor) atletik yang memadukan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk menjangkau jarak pendaratan sejauh-jauhnya. Penting sekali bagi seorang atlet menguasai macam gaya dalam lompat jauh.

Macam gaya dalam lompat jauh diperlukan agar si pelompat bisa mencapai jarak yang tepat pada titik pendaratan. Sehingga, juri yang mengukurnya akan mencatat hasil maksimal dari atlet tersebut.

Berbagai macam gaya dalam lompat jauh akan membantu atlet ketika berada di fase mengudara. Saat badannya terangkat berkat dorongan dari gaya tolak pada papan penumpu, atlet tersebut mesti memperagakan sikap melayang sempurna.

Kecepatan lari awalan dan hentakan tolakan yang mengandalkan satu kaki, menjadi langkah pertama untuk menerapkan jenis-jenis gaya dalam lompat jauh. 

Sebagaimana dijelaskan di Ensiklopedia Olahraga: 2, cabor ini merupakan suatu gerakan melompat ke atas depan agar titik berat badan terbawa dan melayang di udara dengan cepat. Kemudian badan atlet akan mendarat sejauh mungkin di titik pendaratan atau bak pasir.

Secara umum, jarak lompatan diukur dari papan tolakan hingga ke batas terdekat dari letak pendaratan yang dihasilkan bagian tubuh. Pengukuran ini harus dihitung secara teliti, mengingat perbedaan 1 cm saja akan berpengaruh pada hasil perlombaan.

Guna mengoptimalkan teknik dasarnya, simak selengkapnya macam gaya dalam lompat jauh yang dihimpun dari berbagai sumber di bawah ini.

Macam Gaya dalam Lompat Jauh

Menurut Modul PJOK, sikap badan melayang di udara yaitu sikap setelah kaki berhasil mendorong tubuh berkat daya tolak. Bersamaan dengan momen ini, kedua tangan diayunkan ke depan atas. 

Tinggi dan jatuhnya hasil lompatan sangat tergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak. Si pelompat juga harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya.

Saat fase menolak, hentakan kaki pada pangkal titik berat badan terbawa ke atas, kemudian diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun. Saat melayang kedua kaki sedikit ditekuk, sehingga posisi badan dalam kondisi sikap jongkok. 

Seperti yang sudah disebutkan, terdapat beberapa macam gaya dalam lompat jauh yang populer digunakan oleh atlet profesional. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ringkasannya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...