Memahami Tujuan Lompat Jauh dan Teknik Dasarnya

Image title
13 Oktober 2022, 20:34
Lompat Jauh
ANTARA FOTOKai Pfaffenbach TPX IMAGES OF THE DAY /foc.
Athletics - World Athletics Championships - Women's Long Jump - Qualification - Hayward Field, Eugene, Oregon, U.S. - July 23, 2022Canada's Christabel Nettey in action during the women's long jump qualification

Lompat jauh mengandalkan kekuatan kaki dan momentum. Tujuan lompat jauh adalah mendarat sejauh mungkin pada lokasi yang diinginkan.

Dalam Bahasa Inggris, lompat jauh disebut long jump. Olahraga ini merupakan cabang dari atletik yang banyak diperlombakan. Mulai dari tingkat sekolah hingga ajang bergengsi seperti Olimpiade.

Atlet yang mengikuti kompetisi tersebut pastinya memiliki ambisi kuat. Sebab, salah satu tujuan lompat jauh adalah untuk menjadi seorang juara.

Dalam melakukan lompat jauh seorang atlet diharuskan memiliki kekuatan, kecepatan dan kelenturan fisik yang mumpuni. Untuk mendapatkan tubuh seperti ini dia perlu berlatih secara intens.

Nah, bagaimana cara untuk mencapai tujuan lompat jauh sehingga bisa memenangkan perlombaan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tujuan Lompat Jauh

SEA GAMES 2021 : MARIA LONDA RAIH PERUNGGU LOMPAT JANGKIT
SEA GAMES 2021 : MARIA LONDA RAIH PERUNGGU LOMPAT JANGKIT (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

 

Tatang Muhtar & Riana Irawati dalam bukunya Atletik (2020), menjelaskan bahwa lompat jauh adalah suatu gerakan meloncat ke arah depan agar tubuh dapat terangkat dan melayang di udara. 

Tolakan kaki menjadi penentu apakah badan seorang atlet bisa terangkat dengan baik atau tidak. Hal ini sangat penting karena tujuan lompat jauh adalah mencapai jarak lompatan sejauh mungkin.

Lompatan dihasilkan ketika awalan kekuatan kaki yang menghentak di papan tolakan. Kemudian pada prosesnya, gerak parabola dari titik pusat gravitasi akan mendorong tubuh atlet menuju titik pendaratan di bak pasir.

Unsur-unsur yang menentukan tujuan lompat jauh adalah kecepatan lari awalan, serta dilanjutkan dengan besarnya sudut tolakan. Jika skema ini dilakukan dengan benar, maka pencapaian jarak lompatan akan sesuai harapan.

Teknik Lompat Jauh

FESTIVAL OLAHRAGA KELUARGA DASH FEST 2022
FESTIVAL OLAHRAGA KELUARGA DASH FEST 2022 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU)

 

Teknik dasar lompat jauh adalah terdiri empat fase. Sederhananya, seorang atlet bersiap dengan lari awalan yang diikuti dengan gerak tolakan. Lalu tubuhnya akan terdorong ke atas. Dalam kurun waktu sepersekian detik, dia akan menerapkan sikap mendarat.

Lebih jelasnya, berikut teknik dasar lompat jauh menurut buku Belajar & Berlatih Atletik:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...