Memahami Rumus Taraf Intensitas Bunyi hingga Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
13 Oktober 2022, 23:25
Rumus taraf intensitas bunyi
Youtube.com/MathGives YouPower
Ilustrasi taraf intensitas bunyi

Intensitas bunyi merupakan daya yang dibawa gelombang suara. Per satuan luas, gelombang suara tegak lurus dari arah cepat rambat gelombang. Ada juga taraf intensitas bunyi yang dinyatakan dalam desibel (dB).

Rumus taraf intensitas bunyi ini dipakai untuk mengukur gelombang suara. Pada dasarnya rumus intensitas bunyi adalah daya (W) dibagi luas (m2). Satuan intensitas bunyi adalah Watt per meter persegi.

Telinga manusia bisa mendengar bunyi terendah yang dinamakan intensitas ambang dengar. Sedangkan intensitas tertinggi dapat didengar manusia adalah 1 W/m2. Bunyi bisa terdengar dua kali lebih keras jika intensitas 10 kali lebih besar. Para ahli mendefinisikan besaran yang dinamakan taraf intensitas bunyi.

Pengertian taraf intensitas bunyi adalah hasil proses logaritma. Artinya jika masing-masing taraf intensitas 30 dB dibunyikan bersama, maka taraf intensitasnya bukan 60 dB. Cara mengetahui taraf intensitas yaitu menjumlahkan aljabar biasa.

Rumus Taraf Intensitas Bunyi

Taraf intensitas bunyi adalah nilai logaritma yang membandingkan intensitas bunyi, dengan intensitas ambang pendengaran. Contoh taraf intensitas bunyi yaitu sirine mobil. Umumnya taraf intensitas bunyi dipakai untuk menunjukkan tingkat kebisingan yang dihasilkan sumber bunyi.

Rumus taraf intensitas bunyi dinyatakan dalam desibel (dB). Desibel adalah satuan untuk mengukur intensitas suara ke telinga. Desibel menjadi unit pilihan dalam literatur ilmiah. Bunyi ke telinga dapat merasakan suara yang lebih akurat.

Rumus taraf intensitas bunyi yaitu:

TI = 10 log l/lo

Keterangan:

TI = Taraf intensitas bunyi (dB)

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...