9 Minuman Khas Jogja yang Wajib Dicoba Saat Berwisata

Ghina Aulia
14 Oktober 2022, 11:39
Minuman khas Jogja
pexels/Pixabay
ilustrasi teko dan mangkuk

Setiap daerah hampir memiliki ciri khas masing-masing, seperti kondisi geografis, sosial dan budaya, hingga kuliner. Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan banyak kekayaan, termasuk dari sisi kuliner berupa makanan maupun minuman.

Salah satu keberagaman kuliner Indonesia yang cukup banyak dicari adalah minuman khas Jogja. Tak hanya jadi idola bagi warga lokal, sebagian wisatawan juga kerap berburu minuman asal kota keraton tersebut. Menariknya, minuman khas Jogja cukup banyak, mewakili setiap daerah yang ada di sana.

Sebelum berkunjung ke Jogja, ada baiknya selain menentukan destinasi, Anda juga bisa menentukan kuliner apa saja yang akan dijajal. Berikut merupakan rekomendasi minuman khas Jogja, mengutip laman Merapi Adventure:

1. Kopi Joss

Salah satu yang paling autentik, bisa dikatakan Kopi Joss hanya bisa ditemui di Jogja. Isinya berupa seduhan kopi yang dicampur dengan bongkahan arang kecil yang masih panas meluap. Dengan rasa yang khas, ternyata campuran keduanya sangat nikmat ketika diseruput. Minuman khas Jogja ini dapat ditemui dengan mudah di angkringan-angkringan kawasan Malioboro. Maka dari itu, sepertinya sangat sayang apabila dilewatkan.

2. Wedang Uwuh

Bagus untuk kesehatan, wedang uwuh ternyata sangat dikembangkan dalam industri kuliner di sana. Tak heran ketika menjadi salah satu yang minuman khas Jogja yang sepertinya tidak boleh dilewatkan. Menariknya, Anda dapat menyajikannya sendiri secara fresh. Selain itu, juga dapat dibuat menjadi oleh-oleh untuk kerabat di rumah ketika sedang berwisata.

3. Wedang Ronde

Sajian hangat ini dapat ditemukan dengan mudah di pinggiran jalan sepanjang kota Jogja. Dengan harga yang dibandrol murah, Anda sudah dapat mendapatkan air jahe hangat dengan beberapa isi di dalamnya. seperti bola-bola isi kacang dan potongan roti. Salah satu titik yang banyak menjual wedang ronde adalah kawasan alun-alun selatan dan utara.

4. Wedang Tahu

Hampir mirip dengan wedang ronde, wedang tahu merupakan air jahe yang di dalamnya terdapat tahu lembut. Meski terkesan tidak biasa, ternyata kombinasi keduanya sangat pas. Terlebih ketika diminum saat cuaca dingin. Dari segi harga, juga relatif sangat murah. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Wedang Tahu Bu Kardi yang terdapat di kawasan Umbulharjo dan Ngestiharjo.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...