4 Manfaat Lari Zig Zag untuk Kelincahan dan Stamina Tubuh

Image title
18 Oktober 2022, 12:10
Ilustrasi, seseorang bersiap untuk lari zig zag
Pexels/andrea-piacquadio
Ilustrasi, olahraga lari

Manfaat lari zig zag sangat berguna untuk melatih kelincahan seorang atlet. Dengan begitu, dia dapat mengubah posisi tubuhnya ke arah yang tepat dan benar secepat mungkin.

Lari zig-zag merupakan bentuk latihan untuk mengasah kecepatan dan kelincahan. Dalam praktiknya seseorang akan berlari sangat cepat di jalur diagonal.

Tujuan lari zig-zag adalah melatih kelincahan tubuh. Gerakan dari metode pelatihan ini terdiri dari rangkaian lari menuju arah yang berbelok-belok dan melewati rintangan.

Banyak pelatih di beberapa cabang olahraga mengadopsi bentuk latihan ini. Alasannya karena manfaat lari zig-zag berperan besar dalam membentuk kegesitan, ketangkasan, serta kemampuan refleks anak didiknya.

Pengertian Lari Zig Zag

Lari zig-zag adalah suatu bentuk gerakan lari berkelok yang bertujuan untuk melatih kelincahan dan kecepatan. Latihan ini termasuk bagian dari pelatihan fungsional berintensitas tinggi.

Sebenarnya ada banyak variasi dalam pelatihan ini. Namun secara umum untuk melakukan lari zig-zag tidak memerlukan peralatan. Hanya dibutuhkan semacam benda yang digunakan sebagai penanda jalur lari.

Metode lari zig zag menekankan fungsi, gerakan multi-sendi, dan penguatan otot. Gerakannya membutuhkan kekuatan otot dan tenaga untuk berlari. Ditambah juga dengan daya tahan kardiovaskular guna menjaga pola bergerak dari satu jalur ke jalur lain.

Sesuai namanya, lari zig-zag diawali dengan gerakan lari cepat yang arahnya selalu berubah. Baik itu dari arah kiri atau kanan. Kombinasi lari ini menghasilkan gerakan meliuk.

Menurut para peneliti, manfaat lari zig-zag dapat menghasilkan pembentukan otot kaki yang lebih besar daripada metode latihan lainnya. 

Pada tingkat lebih lanjut, latihan tersebut bisa  dimodifikasi untuk mengasah kebugaran, meningkatkan daya tahan, kekuatan, dan fleksibilitas kardiovaskular.

Manfaat Lari Zig Zag

Olahraga yang membutuhkan intensitas tinggi seperti sepak bola atau basket sangat membutuhkan kemampuan anaerobik. 

Menurut buku Perisai Segala Penyakit, anaerobik merupakan kondisi di mana tubuh dipaksa bekerja tanpa oksigen karena kebutuhan energi melebihi kapasitas pernapasan untuk menyediakan oksigen.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...