9 Siklus Akuntansi dan Penjelasan Lengkapnya

Ghina Aulia
19 Oktober 2022, 00:03
Siklus akuntansi
pexels/Nataliya Vaitkevich
ilustrasi dokumen bertumpuk, ponsel, post-it dan pensil

Akuntansi adalah salah satu kegiatan wajib yang dilakukan suatu perusahaan. Biasanya dilakukan oleh ahlinya, yakni seorang akuntan.

Profesi tersebut juga diambil tidak melalui proses yang instan. Melainkan harus menempuh pendidikan diploma atau sarjana hingga mendapatkan gelar akuntan.

Secara garis besar, akuntansi adalah proses mengolah, menganalisis dan mengolah data terkait keuangan sebuah perusahaan atau lembaga tertentu. Akuntan adalah orang yang melakukannya.

Kali ini, kami akan membahas tentang siklus akuntansi yang merupakan runtutan kegiatan yang dilakukan akuntan. Di mana olah data keuangan ini akan berguna untuk memutuskan suatu hal di masa mendatang.

Sebelum banyak membahas siklus akuntansi, penting untuk mengetahui dasarnya terlebih dahulu. 

Menurut Ahli

Seorang pakar akuntansi, Paul Gradi (2017) berpendapat bahwa akuntansi berperan sebagai fungsi organisasi yang sistematis, terpercaya dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan sebagai pertanggungjawaban atas kinerjanya.

Di lain sisi, Sumarsan (2017) turut menjelaskan. Menurutnya, akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mencatat transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga dapat menghasilkan informasi keuangan atau suatu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak berkepentingan.

Seperti yang sempat disinggung pada paragraf-paragraf awal, hasil dari akuntansi dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan keputusan. Terlebih yang bersifat penting dan urgensi tinggi bagi perusahaan. Maka dari itu, akuntansi harus dilakukan dengan teliti dan penuh kehati-hatian.

Melansir dari Kompas.com, American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), menjelaskan bahwa akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian lainnya yang bersifat keuangan. Itu juga termasuk menafsirkan hasilnya dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang umumnya bersifat moneter dalam menguraikan hasil. 

Demikian dengan pelaku atau pihak yang mengemban profesi tersebut. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata akuntan adalah ahli akuntansi yang bertugas menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah.

Hal lain yang juga patut digaris bawahi dari penjelasan di atas adalah proses akuntansi yang tak melulu hanya dilakukan pada perusahaan. Melainkan juga instansi pemerintah. Tepatnya, seluruh lembaga yang sudah tersistem dan ada pergerakan administrasi, khususnya perputaran uang di dalamnya.

Sementara itu, menurut Hery (2014) siklus akuntansi adalah proses penyusunan seluruh transaksi bisnis yang terjadi dalam perusahaan hingga tersusunnya suatu laporan keuangan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...