5 Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami

Tifani
Oleh Tifani
21 Oktober 2022, 03:50
cara mengobati mata bengkak
Katadata
Ilustrasi Mata Bengkak

Penyebab mata bengkak ada beragam. Karena itu, perawatan dan cara mengatasinya pun mungkin akan berbeda-beda. Dilansir dari Alodokter.com, sakit mata sering kali menyebabkan timbulnya beberapa gejala seperti mata merah, berarir, terasa gatal, nyeri, atau bengkak. Meski bisa membaik dengan sendirinya, sakit mata juga kadang bisa dipicu oleh berbagai kondisi seperti penyakit, seperti alergi, konjungtivitis, hingga selulitis orbital.

Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami

Setelah mengetahui penyebab dan gejala umumnya, keluhan mata bengkak dapat diringankan lewat beberapa perawatan sederhana. Namun, penanganan yang dilakukan akan berbeda - beda tergantung pada penyebab mata bengkak.

Berikut adalah berbagai langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengurangi pembengkakan pada mata:

Kompres hangat

Cara mengobati mata bengkak yang pertama adalah menggunakan kompres hangat. Cara ini dapat mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Selain itu, kompres hangat juga bisa merelaksasi otot mata dan mengurangi nyeri pada mata.

Cara menggunakan kompres hangat pada mata dengan merendam kain bersih yang lembut pada air hangat, lalu angkat kain tersebut dan peras airnya. Setelah itu, kompres mata yang sakit dengan kain hangat ini selama 15–30 menit. Lakukan pengompresan ini sebanyak 2–3 kali sehari.

Kompres dingin

Tidak jauh berbeda dengan kompres hangat, kompres dingin juga bisa digunakan untuk meredakan keluhan sakit mata. Namun, bedanya, kompres dingin dapat digunakan juga untuk mengurangi pembengkakan dan memar pada mata.

Cara mengompres pun hampir sama. Hanya saja, kain direndam di dalam air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin (freezer) selama beberapa saat sebelum digunakan. Kemudian, letakkan kain tersebut pada mata atau kelopak mata yang membengkak selama 10–15 menit

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...