8 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

Manfaat jalan kaki setiap hari akan berdampak baik bagi kesehatan. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari akan memberikan banyak manfaat. Berikut penjelasannya.
Image title
21 Oktober 2022, 22:28
Manfaat Jalan Kaki
Unsplash

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara untuk hidup lebih sehat. Namun, masih banyak orang yang lebih memilih olahraga yang berat seperti bersepeda atau lari untuk memulainya.

Sementara itu jalan kaki menjadi salah satu olahraga yang mudah dilakukan, khususnya bagi pemula. Walaupun terkesan sepele, berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaatnya? Simak penjelasan delapan manfaat jalan kaki setiap hari bagi kesehatan di bawah ini.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat jalan kaki pertama adalah untuk mencegah osteoporosis yang umumnya disebabkan oleh penipisan tulang. Alhasil, tulang pun menjadi keropos, rapuh, dan mudah patah.

Advertisement

Oleh karena itu, berjalan kaki secara rutin setiap hari sangat penting dilakukan, Anda jugaa bsia menimbaninya dengan olahrga lain sepertii hiking atau jogging agar tulang Anda semakin kuat dan sehat.

Jalan kaki juga memiliki manfaat lain yaitu meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Jadi bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, cobalah untuk berjalan kaki secara rutin. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jalan kaki secara rutin ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Dikutip dari Hellosehat, manfaat ini bisa didapatkan bila Anda rutin berjalan kaki 30 menit sehari.

Sementara itu, bila Anda merasa tidak mampu berjalan kaki selama 30 menit sehari, Anda bisa coba melakukan beberapa sesi singkat. Anda bisa berjalan kaki selama 15 menit di pagi hari, dan 15 menit lagi di sore hari.

Jika sebelumnya Anda jarang atau tidak pernah berolahraga, cukup lakukan jalan kaki secara perlahan.  Misalnya, Anda bisa mulai dengan jalan kaki selama lima menit sehari untuk minggu pertama. Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan lagi waktu berjalan kaki hingga mencapai 30 menit sehari.

Memperkuat Otot Paha dan Betis

Berjalan kaki secara rutin, dapat memperkuat otot paha dan betis Anda. Selain itu, jalan kaki juga bisa mengecilkan paha dan betis sehingga terlihat lebih ramping. 

Anda juga bisa mengimbanginya dengan rutin melakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunges. Dengan cara tersebut, maka penampilan betis dan paha Anda akan lebih baik.

Meringankan Nyeri Sendi

Manfaat lain dari berjalan kaki adalah meringankan nyeri sendi. Untuk membuktikan manfaat ini, American Journal of Preventive Medicine (2019) melakukan sebuah studi.

Dalam studi tersebut, mereka menguji orang dewasa yang lebih tua dari 49 tahun dan mengalami nyeri sendi pada bagian tubuh bawah. Studi ini pun berhasil membuktikan bahwa partisipan yang berjalan kaki 10 menit per hari atau satu jam per minggu dapat mencegah gejala nyeri dan keparahannya pada kemudian hari. 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jalan kaki lainnya adalah mampu menurunkan berat badan. Manfaat ini tentunya diidamkan banyak orang khususnya bagi yang sedang menjalankan program diet. Jika Anda salah satunya, maka tidak ada salahnya mencoba jalan kaki lebih rutin.

Dikutip dari Alodokter, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa membakar kalori setidaknya 150 kalori. Bila Anda rutin melakukannya, maka tentunya akan semakin banyak kalori yang terbakar. 

Semakin sering berjalan kaki juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Bagi perempuan yang baru saja melahirkan, olahraga ini aman dilakukan dan efektif untuk mengecilkan perut.

Walaupun demikian, Anda tidak boleh hanya mengadakan jalan kaki saja, Anda juga perlu mengatur pola makan Anda agar manfaat dari olahraga ini terasa lebih maksimal. 

Memperbaiki Kualitas Tidur

Bila Anda sering sulit tidur pada malam hari tidak ada salahnya berjalan kaki secara rutin sebagai solusinya. Berjalan kaki berdampak positif pada kualitas dan lama tidur. 

Hal ini dikarenakan jalan kai secara rutin dapat meningkatkan efek melatonin atau hormon tidur Selain itu, berjalan kaki juga dapat membantu  mengurangi stress serta kecemasan yang sering penyebab susah tidur. 

Meningkatkan Suasana Hati

Berjalan kaki ternyata juga dapat membantu membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan rutin berjalan kaki dapat menyebabkan perubahan sistem saraf yang menimbulkan rasa senang dan membuat suasana hati lebih baik.

Mengutip The Primary Care Companion to the Journal of Clinical Psychiatry, berjalan kai juga mampu menurunkan rasa cemas, depresi dan suasana hati yang buruk. Suasana hati yang baik tentunya akan membuat Anda bisa menjalani hari-hari dengan lebih positif. 

Memicu Kreativitas

Manfaat jalan kaki yang terakhir adalah dapat membantu memicu kreativitas inni. Manfaat ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition (2014).

Bila Anda ingin menjadi lebih kreatif,  cobalah praktikkan jalan kaki setiap sebagai terapi berpikir kreatif. Mulailah dengan berjalan kaki 30 menit perhari.

Berjalan kaki juga sebaiknya dilakukan di pagi hari. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D terbaik yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Demikian informasi delapan manfaat jalan kaki setiap hari bagi kesehatan. Meskipun meemliki  banyak manfaat, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga lain serta pola makan yang sehat.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait