8 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

Destiara Anggita Putri
21 Oktober 2022, 22:28
Manfaat Jalan Kaki
Unsplash

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara untuk hidup lebih sehat. Namun, masih banyak orang yang lebih memilih olahraga yang berat seperti bersepeda atau lari untuk memulainya.

Sementara itu jalan kaki menjadi salah satu olahraga yang mudah dilakukan, khususnya bagi pemula. Walaupun terkesan sepele, berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaatnya? Simak penjelasan delapan manfaat jalan kaki setiap hari bagi kesehatan di bawah ini.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat jalan kaki pertama adalah untuk mencegah osteoporosis yang umumnya disebabkan oleh penipisan tulang. Alhasil, tulang pun menjadi keropos, rapuh, dan mudah patah.

Oleh karena itu, berjalan kaki secara rutin setiap hari sangat penting dilakukan, Anda jugaa bsia menimbaninya dengan olahrga lain sepertii hiking atau jogging agar tulang Anda semakin kuat dan sehat.

Jalan kaki juga memiliki manfaat lain yaitu meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Jadi bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, cobalah untuk berjalan kaki secara rutin. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jalan kaki secara rutin ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Dikutip dari Hellosehat, manfaat ini bisa didapatkan bila Anda rutin berjalan kaki 30 menit sehari.

Sementara itu, bila Anda merasa tidak mampu berjalan kaki selama 30 menit sehari, Anda bisa coba melakukan beberapa sesi singkat. Anda bisa berjalan kaki selama 15 menit di pagi hari, dan 15 menit lagi di sore hari.

Jika sebelumnya Anda jarang atau tidak pernah berolahraga, cukup lakukan jalan kaki secara perlahan.  Misalnya, Anda bisa mulai dengan jalan kaki selama lima menit sehari untuk minggu pertama. Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan lagi waktu berjalan kaki hingga mencapai 30 menit sehari.

Memperkuat Otot Paha dan Betis

Berjalan kaki secara rutin, dapat memperkuat otot paha dan betis Anda. Selain itu, jalan kaki juga bisa mengecilkan paha dan betis sehingga terlihat lebih ramping. 

Anda juga bisa mengimbanginya dengan rutin melakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunges. Dengan cara tersebut, maka penampilan betis dan paha Anda akan lebih baik.

Meringankan Nyeri Sendi

Manfaat lain dari berjalan kaki adalah meringankan nyeri sendi. Untuk membuktikan manfaat ini, American Journal of Preventive Medicine (2019) melakukan sebuah studi.

Dalam studi tersebut, mereka menguji orang dewasa yang lebih tua dari 49 tahun dan mengalami nyeri sendi pada bagian tubuh bawah. Studi ini pun berhasil membuktikan bahwa partisipan yang berjalan kaki 10 menit per hari atau satu jam per minggu dapat mencegah gejala nyeri dan keparahannya pada kemudian hari. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...