7 Manfaat Lari di Tempat, Termasuk Perbaiki Postur Tubuh

Image title
19 Oktober 2022, 11:31
lari di tempat
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Coombs/foc/dj
Kevin Coombs Pelatih pribadi Flo Dowler memimpin warga Napier Avenue melakukan latihan kebugaran di Fulham, London Barat, Inggris, Senin (11/5/2020).

Kesibukan dan keterbatasan waktu jadi alasan kenapa orang enggan berolahraga. Padahal aktivitas sederhana seperti manfaat lari di tempat misalnya, sangat berguna untuk menjaga kebugaran tubuh.

Lari di tempat biasanya diperuntukkan sebagai latihan pemanasan. Di beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, manfaat lari di tempat membuat tubuh pemain lebih siap untuk melakoni pertandingan.

Advertisement

Selain itu, lari di tempat juga tidak membutuhkan fasilitas yang merepotkan. Olahraga ini sangat sederhana, di mana Anda cukup meregangkan otot-otot terlebih dahulu dan bisa melakukan gerakan lari di tempat.

Manfaat lari di tempat dipercaya ampuh membakar kalori di dalam tubuh. Akan tetapi, kebenaran ini perlu diteliti lebih lanjut.

Untuk mengetahui ragam manfaat lari di tempat, simak pembahasan ringkasnya berikut ini.

Manfaat Lari di Tempat untuk Kesehatan Tubuh

Lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi. Pada dasarnya lari sangat berbeda dengan jalan cepat.

Dikutip dari PJOK Kelas X terbitan Kemendikbud, gerakan lari memiliki frekuensi langkah yang dipercepat. Saat seseorang berlari, terdapat kecenderungan badannya melayang. Artinya bahwa satu kaki tetap menyentuh tanah, sedangkan kaki lainnya sedikit mengudara.

Untuk lari di tempat, menurut Marathon Handbook, gerakan ini termasuk latihan aerobik yang bagus bagi kesehatan tubuh Anda. Bahkan sebagian orang memodifikasi latihan ini dengan menambahkan high knee, butt kick, dan jump squat.

Meski manfaat lari di tempat tidak sebanyak saat Anda melakukan lari penuh di lintasan, namun kegunaannya sebagai latihan aerobik telah terbukti kebenarannya.

Menurut Healthline dan sumber lainnya, manfaat lari di tempat adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

Latihan lari di tempat mengharuskan Anda untuk bergerak. Rangkain lari ini secara tidak langsung akan mengencangkan otot bagian bawah.

Oleh sebab itu, manfaat lari di tempat membantu meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan fleksibilitas organ tubuh bagian bawah. Terutama paha depan, betis, glutes, serta otot hamstring.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Kebiasan membungkuk karena melakukan aktivitas seperti menatap layar ponsel atau semacamnya, akan berdampak buruk bagi postur tubuh. Padahal, postur tubuh ideal sangat berperan dalam menunjang penampilan.

Manfaat lari di tempat bisa membantu Anda memperbaiki postur tubuh. Gerakannya yang intens terbukti dapat mengencangkan otot perut. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement