Cara Mengobati Eksim di Kaki Secara Alami ala Rumahan

Tifani
Oleh Tifani
21 Oktober 2022, 16:28
cara mengobati eksim di kaki
Katadata
Ilustrasi Eksim (dermatitis)

Eksim adalah penyakit dermatitis dengan gejala kulit yang meradang, menjadi gatal, pecah-pecah, dan kasar. Penyakit ini dapat merusak fungsi pertahanan alami kulit.

Hilangnya pertahanan alami membuat kulit lebih rentan dan sensitif. Eksim dapat muncul di bagian kulit mana saja, bahkan kaki. Dilansir dari laman Hellosehat.com, rasa gatal yang ditimbulkannya saat kambuh bisa sangat parah hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara Mengobati Eksim di Kaki

Dermatitis stasis memunculkan bintil-bintil lepuhan dengan bercak merah atau cokelat yang berukuran kecil. Bintil biasanya muncul pada betis hingga ujung jari dan telapak kaki.

Lepuhan-lepuhan tersebut bisa terasa sangat gatal atau bahkan nyeri. Cara terbaik untuk mengatasi eksim di kaki adalah berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Namun ada juga beberapa cara mengobati eksim di kaki secara alami untuk meringankan gejala yang dirasakan. Berikut cara mengobati eksim di kaki.

Pelembap

Pemakaian pelembap adalah cara terbaik mengobati kulit yang bersisik akibat eksim di kaki. Pelembap juga penting untuk mencegah iritasi dan kerusakan lebih lanjut karena kandungannya membantu memperbaiki lapisan pelindung kulit yang terkikis.

Pilihlah krim pelembap untuk eksim yang teksturnya kental karena bisa menyediakan lebih banyak kelembapan untuk kulit kaki. Hal ini penting karena kulit kaki cenderung mudah kering, apalagi bila terserang eksim.

Pelembap yang aman bagi penderita eksim kaki adalah petroleum jelly dan pelembap non-kosmetik seperti emolien. Apabila ingin mencoba pelembap lain, pilihlah pelembap yang bebas dari alkohol, aroma, pewarna, parfum, dan bahan kimia lainnya.

Hindari Mandi Air Terlalu Panas

Suhu air yang terlalu panas bisa membuat kulit semakin kering. Ini disebabkan karena air panas meluruhkan sebum, yakni minyak alami yang melindungi kulit. Kulit yang kering semakin memicu kambuhnya eksim di kaki dan membuat kulit mudah teriritasi.

Selama gejala eksim masih muncul, gunakanlah air bersuhu suam-suam kuku. Cukup bersihkan kaki selama 20 detik, tapi pastikan kaki benar-benar bersih dan tidak ada sisa sabun yang dapat mengiritasi kulit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...