Cara Mengobati Eksim di Kaki Secara Alami ala Rumahan

Eksim adalah penyakit dengan gejala kulit yang meradang, menjadi gatal, pecah-pecah, dan kasar. Cara mengobati eksim di kaki dengan pengobatan dokter. Namun tak ada salahnya mencoba bahan alami.
Image title
Oleh Tifani
21 Oktober 2022, 16:28
cara mengobati eksim di kaki
Katadata
Ilustrasi Eksim (dermatitis)

Eksim adalah penyakit dermatitis dengan gejala kulit yang meradang, menjadi gatal, pecah-pecah, dan kasar. Penyakit ini dapat merusak fungsi pertahanan alami kulit.

Hilangnya pertahanan alami membuat kulit lebih rentan dan sensitif. Eksim dapat muncul di bagian kulit mana saja, bahkan kaki. Dilansir dari laman Hellosehat.com, rasa gatal yang ditimbulkannya saat kambuh bisa sangat parah hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara Mengobati Eksim di Kaki

Dermatitis stasis memunculkan bintil-bintil lepuhan dengan bercak merah atau cokelat yang berukuran kecil. Bintil biasanya muncul pada betis hingga ujung jari dan telapak kaki.

Lepuhan-lepuhan tersebut bisa terasa sangat gatal atau bahkan nyeri. Cara terbaik untuk mengatasi eksim di kaki adalah berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Advertisement

Namun ada juga beberapa cara mengobati eksim di kaki secara alami untuk meringankan gejala yang dirasakan. Berikut cara mengobati eksim di kaki.

Pelembap

Pemakaian pelembap adalah cara terbaik mengobati kulit yang bersisik akibat eksim di kaki. Pelembap juga penting untuk mencegah iritasi dan kerusakan lebih lanjut karena kandungannya membantu memperbaiki lapisan pelindung kulit yang terkikis.

Pilihlah krim pelembap untuk eksim yang teksturnya kental karena bisa menyediakan lebih banyak kelembapan untuk kulit kaki. Hal ini penting karena kulit kaki cenderung mudah kering, apalagi bila terserang eksim.

Pelembap yang aman bagi penderita eksim kaki adalah petroleum jelly dan pelembap non-kosmetik seperti emolien. Apabila ingin mencoba pelembap lain, pilihlah pelembap yang bebas dari alkohol, aroma, pewarna, parfum, dan bahan kimia lainnya.

Hindari Mandi Air Terlalu Panas

Suhu air yang terlalu panas bisa membuat kulit semakin kering. Ini disebabkan karena air panas meluruhkan sebum, yakni minyak alami yang melindungi kulit. Kulit yang kering semakin memicu kambuhnya eksim di kaki dan membuat kulit mudah teriritasi.

Selama gejala eksim masih muncul, gunakanlah air bersuhu suam-suam kuku. Cukup bersihkan kaki selama 20 detik, tapi pastikan kaki benar-benar bersih dan tidak ada sisa sabun yang dapat mengiritasi kulit.

Ketika mandi, gunakan air dengan suhu yang sama. Waktu mandi ideal menurut para ahli adalah 5-10 menit, termasuk untuk membersihkan kepala. Lebih dari itu, kulit bisa kehilangan kelembapannya sehingga meningkatkan risiko kambuhnya eksim.

Gel Lidah Buaya

Melansir Healthline, lendir atau gel lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati beragam masalah kulit, termasuk eksim. Studi pada 2015 lalu menemukan, lidah buaya mengandung zat antibakteri, antimikroba, dan membantu mempercepat penyembuhan luka, sehingga potensial digunakan untuk mengobati eksim.

Namun perhatikan komposisi maupun kandungan dalam gel lidah buaya yang hendak digunakan. Hindari kandungan alkohol maupun wewangian. Pasalnya dua kandungan ini dapat memperparah kondisi eksim.

Oatmeal

Oatmeal koloid atau Avena sativa dibuat dari gandum yang digiling dan direbus, lalu diambil ekstraknya. Penelitian pada 2015 melaporkan, losion yang mengandung oatmeal koloid memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membantu mengatasi gejala eksim seperti kulit kering, kasar, dan gatal.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang bisa menjaga kelembapan kulit, termasuk untuk masalah kulit kering terkait eksim. Selain melembapkan, minyak kelapa juga bisa mengatasi peradangan dan menjaga kesehatan pertahanan alami kulit. Oleskan minyak kelapa saat kulit eksim mulai mengering.

Cuka Apel

Cuka sari apel dapat membantu mengobati eksim. Caranya dengan menyeimbangkan keasaman kulit karena pengidap eksim biasanya kondisi kulitnya kurang asam.

Tapi perlu diingat, Anda perlu cermat menggunakannya karena sifat asam zat ini terkadang bisa merusak jaringan lunak. Agar aman, pastikan untuk mengencerkan lebih dulu dengan air hangat sebelum dioleskan ke kulit. Selain itu jangan gunakan cuka apel pada kulit yang memiliki luka terbuka.

Tea Tree

Minyak tea tree mengandung zat antiperadangan, antibakteri, dan dapat membantu mengobati beragam masalah kulit, termasuk eksim. Selain itu, bahan alami ini juga mencegah kulit kering dan gatal-gatal terkait eksim. Perlu diingat, penggunaan minyak tea tree perlu diencerkan lebih dahulu dengan minyak zaitun atau kelapa agar tidak mengiritasi kulit.

Minyak Bunga Matahari

Melansir Healthline, minyak bunga matahari dapat membantu melindungi lapisan alami kulit, menjaga kelembapan, dan meredakan gatal dan peradangan terkait eksim. Cara mengobati eksim di kaki dengan minyak bunga matahari tidak perlu diencerkan, langsung oleskan ke kulit. Gunakan setelah mandi saat kulit masih lembap.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait