Cara Mengatasi Cacar Air, Gejala, Komplikasi, dan Pencegahannya

Image title
24 Oktober 2022, 05:41
Ilustrasi, cara mengatasi cacar air menggunakan losion calamine
Flickr/Remus Pereni
Ilustrasi, cara mengatasi cacar air menggunakan losion calamine

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus. Cacar air biasanya sembuh dalam 5 hingga 10 hari. Tetapi, rasa gatal dan perih yang mengganggu di sekitar tubuh bisa membuat penyakit ini terasa sangat lama.

Bersumber dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan WebMD, berikut cara mengatasi cacar air.

Cara Mengatasi Cacar Air

Cara mengatasi cacar air dilakukan sebagai berikut:

1. Losion calamine

Cara mengatasi cacar air dapat dilakukan pakai losion calamine. Obat ini termasuk obat bebas topikal yang dapat digunakan untuk gatal ringan. Calamine tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk losion. Losion kalamin mengandung bahan aktif seng oksida dan 0,5 % oksida besi yang menjadikannya berwarna merah muda.

Obat ini bertujuan untuk menenangkan kulit yang terkena cacar air serta membantu meredakan gatal, nyeri, dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gigitan serangga, cacar air, tanaman beracun, dan banyak lagi.

Gunakan tangan atau kapas yang bersih untuk mengoleskan losion calamine pada area kulit yang gatal. Jangan gunakan losion calamine pada area mata.

2. Mandi pakai campuran air dan oat

Penderita cacar air bisa coba mandi pakai campuran air dan oatmeal sebagai cara mengatasi cacar air. Gunakan oatmeal yang digiling dari biji gandum dan dicampur menjadi bubuk halus yang larut dalam air atau disebut juga colloidal oats.

Oat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Oat juga dapat melembabkan kulit serta bertindak sebagai emolien untuk memperbaiki kulit kering. Kandungan pati yang tinggi dalam oat bekerja sebagai bahan yang menenangkan dan melindungi kulit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...