7 Cara Agar Tidak Malas, Mulai dari Aktivitas Sederhana

Dwi Latifatul Fajri
24 Oktober 2022, 22:49
Cara Agar Tidak Malas
Katadata
Ilustrasi malas

Malas menjadi kebiasaan buruk bagi beberapa orang. Rasa malas berdampak pada diri sendiri dan orang lain. Sebenarnya rasa malas merupakan hal normal, tetapi mengganggu jika dilakukan berulang. Rasa malas ini akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan malas membuat seseorang tidak fokus, sering menunda pekerjaan, hingga menurunkan kinerja. Selain itu rasa malas mempengaruhi tubuh dan kesehatan. Misalnya saja malas berolahraga berdampak pada tubuh.

Penyebab rasa malas bisa terjadi kapanpun. Bahkan ketika anda tengah fokus melakukan tugas. Rasa malas bisa muncul karena ekspektasi segala hal berjalan sempurna. Hal ini membuat seseorang fokus pada ekspektasi bukan proses untuk meraihnya. Beberapa orang mengalami rasa malas karena menganggap dirinya tidak mampu.

Cara Agar Tidak Malas

Ada beberapa cara agar tidak malas beraktifitas. Misalnya saja membuat jadwal sehari-hari untuk melakukan aktivitas. Anda juga bisa rutin olahraga atau melakukan meditasi. Rasa malas bisa dicegah dengan hal-hal positif lain.

Mencegah rasa malas bisa dilakukan melalui hal sederhana. Berikut cara agar tidak malas beraktifitas:

1. Pikirkan Hal Positif

Cara agar tidak malas yang pertama yaitu meningkatkan hal positif. Anda bisa melakukan aktifitas sederhana dan positif. Anda bisa meyakinkan atau berbicara pada diri sendiri hal positif. Cara ini membantu mengurangi rasa malas. Pemikiran positif membuat seseorang untuk mengurangi rasa malas dari pikiran negatif.

2. Buat Rencana Harian

Cara kedua yaitu membuat rencana harian. Anda bisa menulis catatan di malam hari untuk membuat rencana harian. Cobalah untuk menyelesaikan sesuatu yang lebih mudah. Atau anda bisa menyelesaikan tugas prioritas untuk diselesaikan.

Catatan harian ini membuat anda menyelesaikan tugas harian. Bersikaplah realistis untuk mengurangi rasa malas. Anda perlu waktu, usaha, dan faktor lain untuk memenuhi tujuan. Anggaplah rencana haria ini memberi arahan dan kepercayaan diri untuk mengurangi rasa malas.

3. Pakai Kekuatan

Mengutip dari healthline.com, anda perlu memikirkan kekuatan untuk menyelesaikan tugas. Cobalah untuk menerapkan berbagai aspek seperti fokus pada tujuan, meningkatkan produktivitas, dan perasaan positif. Cara ini membantu anda untuk terlibat dalam pekerjaan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...