7 Cara Agar Tidak Malas, Mulai dari Aktivitas Sederhana

Rasa malas normal dialami semua orang. Tetapi rasa malas bisa menganggu aktifitas sehari-hari jika berulang. Ada berbagai cara agar tidak malas untuk beraktifitas. Berikut cara mencegah rasa malas.
Dwi Latifatul Fajri
24 Oktober 2022, 22:49
Cara Agar Tidak Malas
Katadata
Ilustrasi malas

Malas menjadi kebiasaan buruk bagi beberapa orang. Rasa malas berdampak pada diri sendiri dan orang lain. Sebenarnya rasa malas merupakan hal normal, tetapi mengganggu jika dilakukan berulang. Rasa malas ini akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan malas membuat seseorang tidak fokus, sering menunda pekerjaan, hingga menurunkan kinerja. Selain itu rasa malas mempengaruhi tubuh dan kesehatan. Misalnya saja malas berolahraga berdampak pada tubuh.

Penyebab rasa malas bisa terjadi kapanpun. Bahkan ketika anda tengah fokus melakukan tugas. Rasa malas bisa muncul karena ekspektasi segala hal berjalan sempurna. Hal ini membuat seseorang fokus pada ekspektasi bukan proses untuk meraihnya. Beberapa orang mengalami rasa malas karena menganggap dirinya tidak mampu.

Cara Agar Tidak Malas

Ada beberapa cara agar tidak malas beraktifitas. Misalnya saja membuat jadwal sehari-hari untuk melakukan aktivitas. Anda juga bisa rutin olahraga atau melakukan meditasi. Rasa malas bisa dicegah dengan hal-hal positif lain.

Advertisement

Mencegah rasa malas bisa dilakukan melalui hal sederhana. Berikut cara agar tidak malas beraktifitas:

1. Pikirkan Hal Positif

Cara agar tidak malas yang pertama yaitu meningkatkan hal positif. Anda bisa melakukan aktifitas sederhana dan positif. Anda bisa meyakinkan atau berbicara pada diri sendiri hal positif. Cara ini membantu mengurangi rasa malas. Pemikiran positif membuat seseorang untuk mengurangi rasa malas dari pikiran negatif.

2. Buat Rencana Harian

Cara kedua yaitu membuat rencana harian. Anda bisa menulis catatan di malam hari untuk membuat rencana harian. Cobalah untuk menyelesaikan sesuatu yang lebih mudah. Atau anda bisa menyelesaikan tugas prioritas untuk diselesaikan.

Catatan harian ini membuat anda menyelesaikan tugas harian. Bersikaplah realistis untuk mengurangi rasa malas. Anda perlu waktu, usaha, dan faktor lain untuk memenuhi tujuan. Anggaplah rencana haria ini memberi arahan dan kepercayaan diri untuk mengurangi rasa malas.

3. Pakai Kekuatan

Mengutip dari healthline.com, anda perlu memikirkan kekuatan untuk menyelesaikan tugas. Cobalah untuk menerapkan berbagai aspek seperti fokus pada tujuan, meningkatkan produktivitas, dan perasaan positif. Cara ini membantu anda untuk terlibat dalam pekerjaan.

4. Beri Hadiah

Cara agar tidak malas adalah menyelesaikan tugas dan tujuan. Jika anda berhasil menyelesaikan tugas, berikan hadiah (reward) pada diri anda sendiri. Hadiah ini membantu memotivasi diri untuk terus maju. Anda bisa memilih pencapaian dan hadiah yang sesuai. Pencapaian ini mendorong untuk terus berpikir positif dan percaya diri.

5. Hindari Gangguan

Rasa malas bisa terjadi karena gangguan dari luar. Misalnya saja anda memilih bermain ponsel untuk mengurangi rasa bosan. Melihat sosial media atau gangguan lain membuat anda tidak fokus.

Sebaiknya temukan cara untuk menghindari gangguan tersebut. Misalnya jika anda ingin belajar, carilah tempat yang tenang. Anda bisa belajar di kamar sendiri, perpustakaan, atau ruang yang sepi.

6. Gunakan Metode Berbeda

Melakukan pekerjaan berulang membuat seseorang malas melakukan hal yang sama. Salah satu cara menghindari rasa malas yaitu melakukan metode berbeda.

Contohnya anda perlu membersihkan kamar yang berantakan. Supaya pekerjaan cepat selesai anda bisa mendengarkan lagu atau podcast. Cara ini membantu anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan fokus pada tujuan.

7. Istirahat dan Minum Air Putih

Cara agar tidak malas untuk hidup sehat yaitu istirahat cukup dan rutin minum air putih. Istirahat cukup membantu tubuh lebih sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Rutin minum air putih mencegah tubuh terhidrasi dan meningkatkan fungsi otak. Minum air putih membantu memaksimalkan kinerja fisik. Sehingga tubuh lebih bersemangat untuk menjalani aktifitas.

Selain itu anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi dan latihan. Anda bisa latihan peregangan untuk memaksimalkan pergerakan tubuh. Cara lain yaitu jalan kaki atau bersepeda untuk mengurangi rasa malas.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait