5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif

Siti Nur Aeni
22 Maret 2022, 07:03
5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Produktif
Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi seorang anak sedang belajar dengan penuh semangat

Bagaimana cara menghilangkan rasa malas? Pertanyaan tersebut biasanya dilontarkan oleh seseorang yang menyadari dirinya terlalu sering membuang-buang waktu, namun belum bisa keluar dari zona nyaman.

Malas merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik. Jika dibiarkan begitu saja, rasa malas bisa berdampak pada diri sendiri maupun orang lain. Rasa malah bisa menimbulkan beragam kerugian.

Sebagai contoh, seseorang yang malas bekerja. Maka ia akan mendapatkaan kerugian berupa tidak mendapatkan penghasilan. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka bisa menggangu kestabilan ekonomi di keluarganya.

Penyebab Malas yang Patut Diwaspadai

Rasa malas ternyata tidak muncul begitu saja. Dalam satupersen.net, setidaknya ada tiga hal yang menjadi penyebab malas. Berikut penjelasannya.

1. Rencana yang dibuat terlalu besar

Penyebab seseorang merasa malas yaitu karena rencana yang dibuat terlalu tinggi. Mengapa hal ini dapat menyebabkan malas? Karena umumnya saat Anda memiliki rencana besar, Anda haya fokus pada tujuan besarnya saja dan seringkali melupakan hal-hal penting yang ada didalamnya. Maka dari itu, Anda hanya terpaku pada hasil dan melupakan prosesnya.

Sebagai contoh, saat Anda sekolah dan ingin mendapatkan nilai 100. Maka umumnya Anda hanya akan fokus pada angka 100 saja dan melupakan proses untuk mendapatkan angka tersebut. Alhasil, Anda akan kesulitas untuk mencapai hal tersebut dan seringkali menyebabkan kejenuhan dalam meraih tujuan tersebut.

2. Berekspetasi segala hal akan berjalan sempurna

Dalam mencapai sebuah tujuan, kita pasti akan melalui proses yang panjang. Dan hasil yang didapat dari proses panjang itu tidak selamanya sempurna. Namun saat Anda terlalu berekspetasi segala hal berjalan dengan sempurna, pemikiran tersebut justru bisa membuat Anda menjadi pemalas.

Contohnya, ketika ulangan Anda berharap bisa mendapatkan nilai 100 dengan mudah. Namun ternyata, saat ulangan tiba Anda ternyata mendapatkan soal yang sangat sulit dan Anda hanya mendapatkan nilai 70 saja. Melihat kenyataan tersebut, membuat Anda malas belajar karena menganggap diri Anda tidak mampu.

3. Terlalu mendengarkan kritik orang lain

Terkadang kita memerlukan kritik dan saran dari orang lain agar bisa berkembang menjadi pribadi lebih baik lagi. Namun, jika terlalu sering mendengarkan kritik bisa menjadi penyebab malas.

Kritik yang membuat kita menjadi rendah diri dikenal dengan kritik yang tidak membangun. Sudah sepatutnya kita menghindari atau tidak perlu mendengarkan kritik-kritik seperti ini. Karena jika terlalu didengarkan, akan membuat diri kita tidak berkembang dan tidak bisa mencapai tujuan yang diimpikan.

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Malas?

Rasa malas jangan dibiarkan begitu saja. Upayakan diri kita untuk melawan rasa malas agar bisa menjadi lebih produktif. Menurut penjelasan di alodokter.com, berikut ini beberapa cara melawan rasa malas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...