Cara Pasang Mouse di Laptop Menggunakan Bluetooth dan Port USB

Dwi Latifatul Fajri
26 Oktober 2022, 17:47
Cara Pasang Mouse di Laptop
pixabay.com/Xan_Photography
Ilustrasi Mouse Wireless

Mouse atau tetikus adalah piranti yang menyerupai tikus untuk mengendalikan kursor. Penggunaan mouse membantu pengguna untuk menggerakkan kursor di laptop atau komputer.

Ada dua jenis mouse yaitu mouse kabel atau mouse wireless. Selain mouse teknologi wireless tanpa kabel digunakan di berbagai perangkat seperti headphone, keyboard, dan speaker. Teknologi wireless ini mudah disambungkan antar perangkat yang memiliki bluetooth.

Mouse wireless ini memudahkan pengguna tanpa perlu mencolokkan kabel di USB laptop. Selain menggunakan bluetooth, ada juga mouse menggunakan USB Dongle. Cara menyambungkan mouse ke laptop cukup mudah anda tinggal memasangkan USB Dongle, memasangkan bluetooth, dan menghubungkan kabel mouse ke port USB.

1. Cara Pasang Mouse di Laptop

Cara memasang mouse kabel ke laptop cukup mudah. Anda tinggal memasukkan kabel mouse ke port USB di laptop atau komputer. Tunggu hingga ada pemberitahuan perangkat terpasang. Otomatis mouse kabel sudah bisa dipakai untuk menggerakkan kursor. Ketika mouse terhubung, komputer otomatis menginstal driver dan menyediakan fungsionalitas dasar.

Jika pemberitahuan perangkat tidak muncul, anda bisa pergi ke menu Pengaturan (settings). Berikut cara pasang mouse di laptop:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...