7 Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

Dwi Latifatul Fajri
28 Oktober 2022, 23:20
Cara Menjadi Diri Sendiri
Pexels.com/Designecologist
Ilustrasi Menyayangi Diri Sendiri

Beberapa orang memiliki pemahaman berbeda tentang diri sendiri. Mereka membiarkan orang lain menilai seperti apa diri mereka. Ada juga yang membiarkan masyarakat untuk menentukan tujuan dan impian individu. Padahal menjadi diri sendiri penting untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Menjadi diri sendiri membutuhkan proses belajar dan pemahaman. Terkadang dari diri sendiri muncul pemikiran tidak nyaman dan perasaan ragu. Pemikiran ini membuat kita merasa kurang percaya diri. Sehingga muncul keraguan dalam melakukan sesuatu.

Pentingnya menjadi diri sendiri itu penting, namun bukan berarti anda egois. Menjadi diri sendiri adalah memahami diri apa adanya, serta menjalani hidup terlepas dari pendapat orang lain. Mengutip dari lloydlawcollege.edu.in, setiap orang berhak menjalani hidup sesuai ketentuan mereka. Itulah pentingnya memahami diri sendiri untuk menjalani hidup bahagia.

Cara Menjadi Diri Sendiri

Secara umum, menjadi diri sendiri adalah jujur pada identitas anda. Menjadi diri sendiri lebih baik daripada berpura-pura untuk menarik perhatian orang lain. Anda perlu mengambil langkah untuk mencoba menjadi versi terbaik diri anda.

Berikut cara menjadi diri sendiri dan percaya diri:

1. Menerima Apa Adanya

Media sosial membuat seseorang lebih menarik dari diri sendiri. Bahkan teman-teman di media sosial mencoba memperlihatkan versi terbaik mereka. Beberapa orang menggunakan edit foto untuk tampilan lebih menarik.

Media sosial berdampak pada proses menjadi diri sendiri. Beberapa orang merasa mereka tidak cukup cantik, bahagia, sukses, dan lainnya ketika melihat media sosial.

Salah satu cara menjadi diri sendiri yaitu menerima apa adanya. Proses ini membutuhkan waktu, tetapi anda bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik. Contoh sederhana yaitu mengurangi penggunaan media sosial.

Anda akan menyadari bahwa dunia nyata lebih penting dari foto dan video di media sosial. Cobalah untuk lebih banyak melakukan kegiatan di luar tanpa harus menetapkan standar kebahagiaan di media sosial.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...