Contoh Personal Statement Beserta Penjelasan Lengkapnya

Ghina Aulia
17 November 2022, 18:41
Contoh personal statement
IMDB
Ilustrasi orang menggunakan gawai.

Mendaftar beasiswa biasanya mengharuskan peserta untuk melengkapi banyak dokumen. Baik terkait dengan akademis, hingga yang bersifat personal.

Beberapa di antaranya adalah Curriculum Vitae (CV), portofolio, transkrip nilai, ijazah, motivation letter dan masih banyak lagi. Kali ini, Katadata.co.id akan membahas mengenai personal statement yang mungkin beberapa dari Anda masih merasa hal ini cukup asing.

Personal statement seringkali dijadikan dokumen yang wajib dilampirkan, karena penulisannya sangat dipertimbangkan bagi pihak penyeleksi.

Dilansir dari situs resmi UCAS, personal statement dapat menjadi alat untuk menyorot kelebihan dari diri Anda. Baik bakat atau keunikan yang bisa menjadi nilai plus. Di dalam personal statement, Anda dapat membahas banyak tentang minat, bahkan yang sifatnya bukan akademik.

Hampir serupa, British Council Foundation juga menerangkan bahwa personal statement menerangkan tentang kelebihan diri Anda. Selain itu juga mencakup rasa ketertarikan terhadap riset serta tujuan dan rencana kontribusi di dalam program tersebut.

Singkatnya, personal statement mencakup lima hal. Masih dilansir dari situs resmi British Council Foundation, berikut ini adalah poin-poinnya:

1. Keterampilan menulis

Poin ini menjadi hal yang penting karena sangat menggambarkan kemahiran Anda dari segi akademis. Mengenai kemampuan Anda dapat merangkai kalimat, kesesuaiannya dengan kaidah. Termasuk juga struktur penulisan, tanda baca dan lain-lain.

2. Keterkaitan akademis, pengalaman dan tujuan

Anda perlu menjelaskan hubungan antara sisi diri yang ada kaitannya dengan pendidikan yang ingin ditempuh. Dengan begitu, penyeleksi bisa menemukan ‘benang merah’ dari personal statement yang Anda tulis.

3. Alasan ketertarikan terhadap bidang yang ingin ditempuh

Hal lain yang harus ditonjolkan adalah alasan Anda ingin mendapatkan program tersebut. Menceritakan tentang ketertarikan yang dapat menggugah penyeleksi untuk menerima Anda.

4. Sisi unik dan unggul

Poin ini akan menjadi pembeda Anda dari yang lain. Maka dari itu, jangan sungkan untuk bercerita tentang keunikan dan keunggulan yang dimiliki. Namun juga harus diperhatikan bahwa ada keterkaitannya dengan program yang ingin diambil.

5. Kontribusi dan upaya menjadi unggulan

Poin ini sangat berkaitan dengan yang sebelumnya. Dari keunggulan yang Anda punya, kira-kira bentuk kontribusi nyata apa yang bisa Anda berikan. Berisi implementasi yang sesungguhnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement