7 Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Harian dengan Sederhana

Anggi Mardiana
18 November 2022, 10:20
cara membuat buku keuangan pribadi
PEXEL

Cara membuat buku keuangan pribadi jadi hal yang kerap menjadi pertanyaan oleh semua kalangan, tak terkecuali pengusaha. Sebab dengan mencatat keuangan pribadi secara berkala, maka pengelolaan keuangan bisa berjalan baik.

Pencatatan keuangan bisa Anda lakukan secara manual atau menggunakan software yang sudah tersedia. Informasi yang dimuat bisa berupa sumber-sumber pendapatan berikut jumlahnya, aliran pemasukan, aliran belanja, alokasi kebutuhan dan hal lain yang berkaitan dengan dana pribadi.

Melansir dari Finansialku.com, berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, tujuan dari pencatatan keuangan ialah menyediakan sejumlah informasi menyangkut posisi keuangan. Termasuk kinerja dan perubahan posisi keuangan sehingga bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Tipe Neraca Keuangan Pribadi

Tipe neraca keuangan pribadi cukup beragam, berikut beberapa di antaranya yang kami lansir dari Ajaib.co.id:

1. Melakukan Laporan Cash Flow Individu

Laporan cash flow individu merupakan neraca keuangan yang didalamnya terdapat sejumlah informasi masuk dan keluarnya uang dalam periode tertentu. Berikut penjelasannya:

• Cash Flow Masuk
Cash flow masuk terdiri dari apa pun yang menghasilkan uang di antaranya gaji bulanan, upah, deposito, bunga rekening tabungan, dividen investasi, pendapatan tambahan dan hasil pemasaran aset personal berupa kendaraan, kios maupun rumah.

• Cash Flow Keluar
Cash flow keluar terdiri dari sejumlah pengeluaran yang dibelanjakan di antaranya sewa rumah, makan, belanja bulanan, tagihan listrik, ongkos dan lainnya. Dengan adanya catatan ini, Anda jadi tahu ke mana saja uang digunakan.

2. Laporan Neraca Keuangan Individu

Neraca keuangan individu memberikan informasi keseluruhan dari kekayaan yang dimiliki dalam periode tertentu. Ada sejumlah hal yang perlu dicatat dalam laporan neraca individu di antaranya pencatatan aset, liabilitas dan kekayaan bersih.

Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Harian

Cara membuat buku keuangan pribadi harian bisa dilakukan dengan melihat arus kas dan melakukan evaluasi serta penyesuaian keuangan. Dengan melihat pengeluaran rutin, Anda jadi tahu ke mana saja pengeluaran yang harus dihentikan, salah satunya kartu kredit. Berikut cara membuatnya:

1. Membuat Spredsheet

Cara membuat buku keuangan pribadi ialah dengan membuat spreadsheet dan mengisi beberapa bagian seperti liabilitas, aset dan cash flow. Bisa juga menambah sisi khusus yang berguna untuk menghitung net worth atau kekayaan bersih.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...