Contoh Pembukuan Bendahara Sekolah, Osis dan Karang Taruna Sederhana

Anggi Mardiana
18 November 2022, 17:18
contoh pembukuan bendahara
PEXEL

Dengan mengetahui contoh pembukuan bendahara, ini akan memudahkan Anda dalam melaporkan keluar masuknya uang. Meliputi menerima, menyimpan, menatausahakan, menyetorkan dan mempertanggungjawabkan.

Dengan mengetahui beragam contoh pembukuan bendahara maka Anda bisa dinilai lebih kompeten dalam mengelola dana. Selain kompeten, juga harus kredibel dan terpercaya. Selain mencatatnya, Anda juga perlu memiliki bukti transaksi setiap mengeluarkan uang agar bisa dipertanggungjawabkan.

Jenis-jenis Pembukuan Bendahara
Sebelum masuk ke contoh pembukuan bendahara, bendahara umumnya memiliki beragam jenis pembukuan untuk mencatat transaksi, berikut di antaranya yang kami lansir dari bppk.kemenkeu.go.id.:

1. Buku Kas Umum

Buku kas umum diperlukan oleh bendahara untuk mencatat sejumlah transaksi keuangan baik yang masuk (inflow) maupun keluar (outflow). Artinya dalam setiap transaksi harus melewati buku umum terlebih dahulu.

2. Buku Pembantu Bendahara

Buku pembantu bendahara berguna untuk mencatat beberapa jenis uang untuk tiap kegiatan. Misalnya melakukan lelang atau piutang jaminan. Ada beberapa jenis buku pembantu bendahara yaitu sebagai berikut:

• Buku Pembantu Bank

Jenis pembukuan bendahara ini berguna untuk mencatat arus masuk dan keluarnya uang di rekening. Buku pembantu bank bisa digunakan untuk mencatat uang yang dipindahkan ke dalam brankas.

• Buku Pembantu LS Bendahara

Buku pembantu LS bendahara banyak digunakan untuk mencatat penerimaan (inflow) atas uang LS bendahara seperti uang makan, gaji, lembur dan lainnya. Digunakan juga untuk mencatat pengeluaran (outflow) atas distribusi uang LS bendahara ke pihak penerima.

• Buku Pembantu Kas Tunai

Buku pembantu kas tunai berguna untuk mencatat penerimaan (inflow) dan pengeluaran (outflow) yang disetorkan ke dalam buku kas umum. Bisa juga digunakan ketika ada penerimaan uang dari bank.

• Buku Pembantu Berdasarkan Sumber Kas

Sesuai dengan namanya, buku ini berguna untuk mencatat pemasukan berdasarkan sumbernya. Misalnya buku PNBP umum, buku pembantu kas dana, buku pembantu PNVP fungsional, buku pembantu kas alokasi dana dan pajak.

Contoh Pembukuan Bendahara Sederhana

Bagi Anda yang baru pertama kali mengemban amanah sebagai bendahara, bisa menggunakan format laporan keuangan bendahara sederhana. Pada umumnya relatif sama, hanya saja jika ada pengeluaran yang harus dirinci bisa menambahkan kolom kuantitas, harga lalu jumlah. Berikut gambarannya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement