Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol dan Rekomendasi Buku Bacaan

Ghina Aulia
18 November 2022, 17:14
Cara belajar Bahasa Inggris dari nol
pexels
Ilustrasi orang sedang mengobrol.

Dalam dunia kerja, skill menjadi faktor utama yang dipertimbangkan oleh perekrut. Selain itu, juga ada latar belakang pendidikan dan sertifikasi lainnya.

Di masa sekarang, kualifikasi melamar kerja tidak mudah. Selain persaingan yang ketat, standar yang dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi perekrut juga tinggi.

Tak heran ketika banyak yang mengeluh kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Salah satu perbedaan yang mencolok dari dulu dan sekarang adalah kualifikasi penguasaan bahasa asing.

Biasanya kemampuan bahasa asing diminta oleh perusahaan yang pusatnya di luar negeri atau banyak bersinggungan pihak asing. Namun sekarang hal tersebut tidak lagi berlaku. Melainkan hampir semua perusahaan akan condong menyukai pelamar yang masih berbahasa asing.

Adapun bahasa asing yang paling umum adalah Bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, hal tersebut juga memudahkan proses komunikasi, transaksi dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, bahkan Bahasa Inggris juga dituntut untuk dipelajari di bangku sekolah. Sepertinya sekarang kita tidak asing lagi dengan anak-anak yang mahir berbahasa Inggris, bukan?

Biasanya hal tersebut diantisipasi oleh orang tua agar anak sudah dibekali oleh pengetahuan bahasa asing. Terkait hal itu, kali ini kami akan memberitahu Anda bagaimana cara belajar Bahasa Inggris dari nol. Simak pembahasan di bawah ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

1. Pelajari Kosakata

Kunci dalam belajar Bahasa Inggris adalah mengetahui kosakata beserta artinya. Dengan begitu, Anda bisa mulai merangkai kalimat. Meski tidak langsung bisa menghafal banyak, Anda bisa memulainya dengan perlahan. Misalnya dengan menambah hafalan sepuluh kata setiap harinya. Agar lebih efektif, Anda bisa mencari arti dalam Bahasa Inggris tentang benda-benda yang ada di sekitar Anda.

2. Latihan Berbicara

Setelah mengetahui beberapa kosakata, selanjutnya Anda bisa mulai mengucapkannya. Perlu dipastikan bahwa pelafalannya tepat agar tidak keliru. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan fitur ‘Dengarkan’ di Google Terjemahan. Agar efektif, Anda bisa mengajak orang terdekat untuk latihan mengobrol agar lebih interaktif. Cara ini juga membuat Anda terbiasa melakukan percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris.

3. Menonton Film Kesukaanmu

Metode ini dapat dilakukan dengan santai dan kapan saja. Anda hanya perlu menonton film namun dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Atau, tidak memasang subtitle sama sekali. Anda dapat menerapkannya dalam film bahasa apapun.

4. Menggunakan Mode Bahasa Inggris

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, metode ini bertujuan agar Anda lebih terbiasa dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Anda dapat mengubah pengaturan di ponsel menjadi Bahasa Inggris. Tak hanya itu, Anda sebaiknya mengubah mode bahasa di game kesukaan dengan Bahasa Inggris juga.

Itulah cara belajar Bahasa Inggris dari nol. Kuncinya adalah mengetahui dan ingat tentang kosakata. Dari situ, Anda bisa mulai belajar membuat kalimat dan tata bahasa. Sementara itu, Anda juga harus membiasakan diri dengan Bahasa Inggris agar tidak asing.

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Selain cara di atas ABA English dan English Club juga pernah membagikan tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Berikut ini adalah pembahasannya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement