Contoh Surat Perjanjian Kredit HP Sederhana

Dwi Latifatul Fajri
21 November 2022, 22:16
Surat Perjanjian Kredit HP
PEXEL
Ilustrasi Surat Perjanjian

Surat perjanjian dipakai untuk berbagai keperluan, termasuk transaksi penjualan. Surat perjanjian ini menjadi pegangan untuk kedua belah pihak. Dalam surat terdapat kesepakatan yang dibubuhi tanda tangan di atas materai.

Surat perjanjian ini menjadi dokumen penting disertai sejumlah saksi. Fungsi surat kewajiban ini mengurangi risiko jika terjadi perselisihan antar pihak. Selain itu surat perjanjian sifatnya mengikat dan menjamin berbagai pihak yang melakukan persetujuan.

Ada dua jenis surat perjanjian yaitu surat perjanjian autentik dan surat perjanjian bawah tangan. Mengutip dari Cimbniaga.co.id, surat perjanjian autentik dibuat, dihadiri, atau diketahui oleh pejabat setempat. Sedangkan perjanjian bawah tangan merupakan surat tanpa menghadirkan saksi atau tanda bukti dari pejabat.

Surat Perjanjian Kredit

Surat perjanjian kredit adalah kesepakatan antara dua pihak mengadakan perjanjian. Kedua pihak memiliki hak dan kewajiban yang tertuang dalam surat perjanjian. Terdapat hukum yang mengatur kedua belah pihak yang mengatur perjanjian.

Mengutip dari Law.uii.ac.id, istilah kredit berasal dari bahasa latin. Kata kredit berasal dari kata "credere" yang artinya kepercayaan. Dalam sudut ekonomi, kredit adalah penundaan pembayaran pengembalian atas penerimaan uang dana suatu barang.

Kredit diatur dalam Undang-undang nomor 10 tahun 1998, menjelaskan kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan. Berdasarkan kesepakatan atau persetujuan pihak lain mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya. Jangka waktu pelunasan dalam waktu tertentu serta pemberian bunga.

Surat perjanjian kredit ini berisi tentang kesepakatan pihak pembeli mengajukan kredit. Contohnya saja surat perjanjian kredit HP. Penjual kredit mencantumkan informasi seperti merek dan tipe HP. Selain itu ada besaran cicilan yang harus dibayar tiap bulan. Surat perjanjian kredit HP ini ditandatangani kedua belah pihak.

Contoh Surat Perjanjian Kredit HP

SURAT PERJANJIAN KREDIT

Pada hari ..... tanggal ... bulan ... tahun ... yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :
Tempat tanggal lahir :
Alamat :
Telepon:
No. KTP

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...