Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jasa dan Format Penulisannya

Dwi Latifatul Fajri
17 November 2022, 18:53
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jasa
pexels
Ilustrasi surat perjanjian kerjasama

Surat perjanjian kerjasama diatur dalam undang-undang yang melibatkan beberapa pihak. Surat perjanjian ini sesuai dengan asas kebebasan berkontrak. Pihak yang melakukan surat perjanjian tidak bertentangan dengan undang-undang, ketertiban umum, dan kesusilaan.

Surat perjanjian dijamin dalam asas kebebasan berkontrak pasal 1338 ayat (1) KUH Perdata. Isi pasal yaitu setiap perjanjian dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya.

Mengutip dari Gramedia.com, surat perjanjian kerja sama adalah surat yang berisi ketentuan khusus perjanjian. Berdasarkan kesepakatan tertulis, surat perjanjian berhubungan dengan satu orang atau lebih. Surat perjanjian ini sifatnya mengikat pihak yang terlibat.

Syarat Membuat Surat Perjanjian Kerja Sama

Berdasarkan buku Pedoman Praktis Membuat Surat Perjanjian, terdapat persyaratan untuk membuat perjanjian sah secara hukum. Berdasarkan pasal 1320 KUH perdata, berikut persyaratan sahnya surat perjanjian:

1. Kesepakatan

Surat perjanjian tidak sah apabila dibuat berdasarkan paksaan, penipuan, atau kekhilafan. Perjanjian harus dibuat sesuai persetujuan dan beberapa pihak ikhlas.

2. Kecakapan

Surat perjanjian kerja sama dibuat oleh orang-orang yang mengetahui tentang hukum. Terdapat pengecualian membuat surat perjanjian yaitu anak-anak, orang dewasa di bawah pengawasan (curatele), dan orang sakit jiwa. Berdasarkan UU Nomor 1 tahun 1974, menjelaskan anak-anak adalah orang dibawah umur 18 tahun, kecuali jika orang tersebut sudah menikah.

3. Sebab yang dibolehkan

Surat perjanjian dibuat tidak boleh bertentangan dengan undang-undang, moral, kesusilaan, dan ketertiban umum.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement