Cara Password Excel Ampuh dan Mudah Digunakan

Ghina Aulia
22 November 2022, 17:47
Cara password excel
pexels
Ilustrasi kacamata dan laptop.

Untuk memudahkan pekerjaan, biasanya orang menggunakan kecanggihan teknologi. Mulai dari alat elektronik, hingga aplikasi yang termuat di dalam gawai.

Terlebih pekerjaan yang sifatnya resmi, sekarang tidak bisa jauh dari teknologi. Selain untuk alat komunikasi dan informasi, teknologi menjadi bagian dari unsur pekerjaan tersebut.

Salah satu perangkat lunak yang memudahkan penggunanya dalam hitung menghitung adalah Excel. Microsoft Excel merupakan keluaran Microsoft bersama beberapa perangkat lunak populer lainnya. Di antaranya adalah Microsoft Word, Microsoft Power Point, One Note, Lyrics, Publisher, Outlook dan masih banyak lagi.

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang menyediakan fitur me-format, mengatur dan menghitung data dalam spreadsheet. Excel banyak digunakan untuk analisis data atau pekerjaan yang memerlukan banyak perhitungan.

Anda bisa menggunakan fitur hitung otomatis dan mudah dioperasikan. Terdapat banyak rumus yang bisa digunakan. Di antaranya adalah menjumlahkan, mengurangi, mengali, membari, mengurutkan data yang terkecil hingga terbesar atau sebaliknya. Tak hanya itu, masih banyak fungsi lainnya.

Kali ini, Katadata.co.id akan memberikan cara password excel. Tepatnya untuk mengunci arsip atau file excel. Sangat berguna untuk Anda gunakan pada dokumen pribadi atau kantor yang sifatnya rahasia.

Cara Password Excel

1. Buka file Excel yang ingin dikunci
2. Pilih File, lalu klik Info
3. Pilih opsi Proteksi Buku Kerja
4. Pilih Enkripsikan dengan Kata Sandi
5. Masukkan kata sandi pada kolomnya
6. Klik OK
7. Konfirmasi kata sandi pada kolom ‘Memasukkan Kembali Kata Sandi
8. Klik OK.
Demikian cara password excel dengan mudah. Namun Anda harus memastikan untuk selalu mengingat kata sandi tersebut. Atau, Anda bisa menuliskannya pada catatan tertentu.

Pada situs resmi Microsoft, dijelaskan bahwa kata sandi tidak diingat, tidak dapat dipulihkan. Sebaiknya Anda menggunakan kata sandi yang mudah diingat. Terlebih tidak ada pembatasan kriteria dari segi penulisan, termasuk simbol atau penggunaan huruf.

Selain itu, Microsoft juga tidak menyarankan untuk memuat hal yang sangat sensitif dan rahasia walaupun file excel juga dikunci. Misalnya jangan masukkan nomor kartu kredit. Maka dari itu, Anda juga harus berhati-hati dalam mendistribusikan file.

Cara Mengunci Buku Kerja / Worksheet

Tidak hanya memberikan password pada file, ternyata juga bisa untuk mengunci worksheet. Berikut ini adalah caranya.

1. Klik Tinjau/Preview
2. Pilih Proteksi Buku Kerja
3. Masukkan kata sandi di kolom Kata Sandi
4. Klik OK
5. Masukkan kembali kata sandi untuk mengkonfirmasi
6. Klik OK

Untuk memastikan worksheet sudah terkunci, Anda bisa melihatnya pada kolom Tinjau/Preview dan perhatikan ikon Proteksi Buku Kerja. Apabila sudah terkunci, ikon tersebut akan tersorot dengan warna yang lebih mencolok. Tak hanya itu, bagian bawah worksheet juga akan terdapat menu Proteksi Buku Kerja atau Protect Sheet. Selain itu juga akan termuat di bagian Info.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement