Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Ghina Aulia
22 November 2022, 18:20
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
pexels
Ilustrasi orang berjalan kaki.

Penduduk merupakan orang yang tinggal di suatu wilayah pada waktu tertentu dan relatif lama dan menetap. Kali ini, Katadata.co.id akan membahas tentang penduduk dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa istilah kependudukan juga dikenal dengan ‘demografi.’ Barclay (1970) menjelaskan bahwa demografi adalah ilmu yang memberikan gambaran tentang penduduk dalam bentuk statistik.

Singkatnya, demografi merupakan data statistik mengenai penduduk. Tidak hanya dalam aspek jumlah, namun juga meliputi jenis kelaim, ras hingga rentang usia.

Pengertian Penduduk

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Bab I Pasal I, tepatnya pada ayat 2 tentang Administrasi Kependudukan, disebutkan bahwa Penduduk adalah Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

Kemudian, Mantra (2009) menjelaskan bahwa penduduk adalah individu dengan status sosial sebagai pribadi, anggota dalam keluarga, masyarakat, warga negara, dan serangkaian himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah tertentu.

Disebutkan dalam Sensus Penduduk 2020 yang dimuat pada situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk adalah Warga Negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia dan telah menetap/berniat menetap selama minimal 1 (satu) tahun.

Pertumbuhan Penduduk

Sedangkan pertumbuhan penduduk adalah kenaikan angka jumlah penduduk. Menurut Zulfa (2016) dalam jurnalnya yang berjudul ‘Pengaruh Pertumbuhan Penduduk dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Tingkat Pengangguran di Kota Lhokseumawe,’ disebutkan bahwa pertumbuhan penduduk merupakan perubahan jumlah populasi.

Mulyadi (2006) juga menerangkan bahwa pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan yang dinamis antara kekuatan-kekuatan yang menambah dan kekuatan-kekuatan mengurangi jumlah penduduk.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan penduduk juga dipicu orang beberapa hal. Faktor yang paling berpengaruh adalah naiknya tingkat kelahiran. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pembahasannya.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk menurut Mantra (2012) dalam bukunya yang berjudul ‘Demografi Umum.’

1. Kelahiran (Fertilitas)

Fertilitas adalah terlepasnya bayi dari rahim seorang perempuan dengan adanya tanda-tanda kehidupan. Disebutkan juga bahwa apabila bayi yang lahir tidak berhasil hidup, maka tidak dihitung sebagai kelahiran. Fertilitas juga memiliki faktor yang mempengaruhinya. Faktor pendukungnya disebut dengan istilah pro natalitas.

Dilansir dari situs Ruang Guru, pro natalitas dapat dipicu oleh pernikahan usia dini, dan anggapan-anggapan baik yang dipercaya akan terjadi ketika sudah menikah. Sedangkan di lain sisi ada istilah anti natalitas, yaitu penghambat kelahiran. Kasus kelahiran rendah biasanya dikarenakan program Keluarga Berencana (KB), aturan batasan usia menikah, penghasilan dan pola pikir tentang penundaan pernikahan.

2. Kematian (Mortalitas)

Mortalitas atau kematian ditandai dengan hilangnya tanda-tanda kehidupan dalam diri seseorang. Mantra (2012) menjelaskan bahwa tinggi rendahnya tingkat mortalitas penduduk juga dapat menjadi indikator kualitas kesehatan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...