Deretan Nama Pemain Jepang Termahal Sepanjang Sejarah

Ghina Aulia
23 November 2022, 22:01
Pemain Jepang Termahal
Goal.com
Takehiro Tomiyasu

Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang sepak bolanya cukup populer di kancah internasional. Dibuktikan dengan masuknya Jepang ke dalam jajaran negara yang berlaga di Piala Dunia.

Tidak hanya itu, indikator lainnya adalah kualitas pemain dari Jepang yang banyak dilirik oleh klub internasional asal Eropa. Hal ini menunjukkan bahwa persepakbolaan Asia juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kali ini, Katadata.co.id akan membahas tentang deretan pemain Jepang termahal sepanjang masa. Beberapa di antaranya berhasil digaet oleh klub internasional kenamaan. Sebut saja Manchester United, Liverpool, Borussia Dortmund dan lain-lain.

Meski begitu, beberapa di antaranya juga aktif membela negara di dalam perhelatan sepak bola internasional, misalnya seperti Olimpiade dan Kejuaraan Asia. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pemain Jepang Termahal Sepanjang Sejarah

1. Shoya Nakajima

Shoya Nakajima menjadi pemain Jepang termahal setelah dibeli senilai € 35 juta (Rp 950 miliar) oleh Al-Duhail dan sebelumnya berada di klub sepak bola Portimonense pada 2019. Namun hingga 2022, Nakajima diambil alih oleh klub Antalyaspor. Sayangnya, karier Nakajima tidak semulus yang dibayangkan. Pada Liga Turki, tepatnya September 2022, Nakajima mendapatkan kartu merah setelah 20 detik memasuki lapangan.

Diketahui bahwa hal tersebut dikarenakan tekel Nakajima yang mengenai lawan. Padahal sepak terjang Nakajima di dunia sepak bola sudah sangat panjang. Nakajima memulai karirnya sejak menjadi junior. Awalnya Nakajima bermain di akademi Tokyo Verdy pada 2004. Kualitas permainannya menghantarkan Nakajima banyak dilirik klub kenamaan di Jepang hingga Eropa.

2. Hidetoshi Nakata

Pria kelahiran Kofu ini memulai debutnya di klub Nirasaki HS asal Jepang. Rekor transfer termahal yang dicetak oleh Nakata terjadi ketika dibeli oleh Parma dari AS Roma pada tahun 2001. Kala itu, Nakata memiliki nilai transfer sebebar € 28,40 juta atau senilai Rp 479 miliar.

Nakata bermain untuk Parma selama tiga musim dan berhasil mencetak sembilan gol. Saat Nakata bergabung, Parma berhasil mendapatkan gelar di ajang Coppa Italia. Sebelumnya pada 2000, Nakata dibeli oleh Perugia seharga € 21,69 juta. Diketahui sekarang bahwa Nakata sudah pensiun dan tercatat terakhir bergabung di klub Fiorentina pada pertengahan 2006.

3. Takehiro Tomiyasu

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...