Inggris, Brasil, dan Prancis Jadi Timnas Termahal Piala Dunia 2022

Ameidyo Daud Nasution
22 November 2022, 12:38
piala dunia, qatar, inggris, prancis, brasil
ANTARA FOTO/REUTERS/Eric Gaillard/FOC/dj
Eric Gaillard Pemain Prancis Kylian Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama ke gawang Wales pada pertandingan sepak bola International Friendly di Allianz Riviera, Nice, Prancis, Rabu (2/6/2021).

Piala Dunia Qatar 2022 telah dimulai pada Minggu (20/11) lalu. Sejauh ini, biaya perhelatan sepakbola terbesar sejagat itu telah menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Tak hanya itu, Piala Dunia Qatar juga diisi oleh para pemain-pemain kelas dunia yang dibanderol dengan harga selangit pula. Mayoritas bermain di liga top dunia seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman.

Advertisement

Dikutip dari Statista, Timnas Inggris menjadi tim nasional yang dihuni pemain-pemain paling mahal. Total, 26 pemain Three Lions dibanderol dengan harga 1,49 miliar Euro atau setara dengan Rp 24,1 triliun (1 Euro= Rp 16.126).

Jika mengacu pada laman Transfermarkt, harga pemain Timnas Inggris termahal adalah Phil Foden yang dibanderol €110 juta atau setara Rp 1,7 triliun. Di bawahnya, gelandang Borussia Dortmund Jude Bellingham yang harganya dipatok senilai €100 juta atau Rp 1,6 triliun.

Pemain Tottenham Hotspur Harry Kane dan winger Arsenal Bukayo Saka berada di peringkat ketiga dengan harga €90 juta atau setara Rp 1,4 triliun. Menyusul di bawahnya, gelandang serang Chelsea Mason Mount yang dibanderol €75 juta atau Rp 1,2 triliun.

Di bawah Inggris adalah Brasil dengan harga pemain timnas mereka sebesar €1,45 miliar atau setara Rp 23,4 triliun. Dari laman Transfermarkt, pemain termahal Tim Samba adalah Vinicius Junior yang merupakan pemain sayap Real Madrid dengan nilai €120 juta atau Rp 1,9 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement