Fungsi Pameran Karya Seni Rupa, Lengkap dengan Tujuannya

Ghina Aulia
30 November 2022, 15:22
Fungsi pameran karya seni rupa
Pixabay
Ilustrasi pameran karya seni.

Karya seni merupakan ciptaan seniman yang memiliki nilai keindahan. Namun sebuah karya seni dibuat dan dapat dimaknai tidak dengan semudah itu.

Interpretasi seniman tidak harus sama dengan representasi penikmatnya. Singkatnya, karya seni dapat diapresiasi dan dinilai secara objektif tergantung diri masing-masing.

Salah satu seni yang terkenal adalah seni rupa. Susanne K. Langer dalam bukunya yang berjudul Problematika Seni (2006) mendefinisikan, seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. dengan kata lain, seni rupa merupakan proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Sementara itu, Drs. Sudarmaji di dalam Dasar-Dasar Kritik Seni Rupa (1979) menerangkan, seni rupa adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

Penjelasan di atas sudah dapat disimpulkan bahwa seni rupa sejatinya mengandung nilai keindahan. Tak hanya itu, juga terdapat berbagai unsur yang membangunnya. Seperti garis, warna, dan tekstur.

Mengenal Pameran Seni

Pada kesempatan ini, Katadata.co.id akan menjelaskan mengenai fungsi pameran karya seni rupa. Sederhananya, pameran adalah perhelatan untuk mempromosikan karya seni.

Fred E. Hahn dan Kenneth G. Mangun memberikan pendapatnya mengenai pameran. Dalam bukunya yang berjudul Beriklan dan Berpromosi Sendiri (1999) dijelaskan, pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

Lebih lanjut, Isabel Briggs Myers di salah satu bukunya menerangkan bahwa pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto dan karya lainnya.

Dalam hal pameran seni, definisi yang paling mendekati adalah milik Myers. Pameran seni biasanya dilakukan di dalam ruangan yang lapang dan kondusif. Tujuannya agar tetap aman dan tidak merusak karya seni.

Pameran karya seni rupa juga sudah biasa diadakan. Baik oleh lembaga seni tertentu atau dari pihak senimannya sendiri. Berikut ini adalah fungsi pameran karya seni rupa yang berhasil dirangkum dari situs Kelas Pintar:

1. Sarana Edukasi

Edukasi merupakan hal paling mendasar dari diadakannya pameran. Tidak hanya bagi seniman, fungsi pameran karya seni rupa ini juga memberikan pengaruh kepada yang hadir di pameran. Mereka akan mendapatkan pengetahuan baru terkait karakteristik karya seni yang dibuat.

2. Sarana Apresiasi

Datang ke sebuah pameran tentu akan menunjukkan sisi apresiatif dari penikmat seni terhadap karya yang dibuat. Bisa dikatakan bahwa pameran berfungsi untuk penghargaan terhadap karya dan gagasan seniman.

3. Sarana Prestasi

Fungsi ini relatif berpengaruh terhadap seniman. Prestasi biasanya terjadi atas kompetisi. Pameran bisa menjadi sarana untuk menguji apakah khalayak menyukai karya kita atau tidak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...