Ciri Ciri Puisi adalah Memiliki Diksi Indah, Berikut Penjelasanya

Destiara Anggita Putri
30 November 2022, 13:44
Ciri Ciri Puisi Adalah
Unsplash

Beberapa orang menulis puisi sebagai salah satu cara mengekspresikan perasaan dan isi hati ke dalam bentuk tulisan. Puisi sendiri memiliki pengertian yang beragam menurut para ahli.

Menurut salah seorang ahli, Sumardi, seperti dikutip dari buku Sastra  Indonesia, puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi padu dan pemilihan kata yang imajinatif. 

Pada umumnya, puisi merupakan sebuah tulisan singkat namun penuh makna. Puisi dibagi menjadi beberapa jenis, di mana ciri ciri puisi adalah mengacu pada jenis puisi itu sendiri. Berikut pembahasannya:

Jenis-jenis Puisi

Puisi dapat dikelompokan berdasarkan tiga kategori yaitu puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer. Berikut penjelasan ketiga jenis puisi tersebut. 

1. Puisi Lama

Puisi lama atau puisi klasik adalah jenis puisi yang masih terikat pada aturan dan ketentuan-ketentuan tertentu. Puisi lama memiliki salah satu aturan dimana jumlah bais harus sama pada setiap bait.

Selain itu, jenis puisi lama seperti mantra dan gurindam harus memiliki rima yang sama.

2. Puisi Baru

Puisi baru atau bebas adalah jenis  puisi yang bersifat modern dimana tidak terikat pada berbagai ketentuan atau aturan. Hasil karya puisi cenderung bebas sehingga menjadi lebih dinamis serta beragam dari puisi lama.

Puisi baru dibagi menjadi tiga jenis yaitu

Puisi Naratif

Puisi naratif adalah puisi yang mengungkapkan suatu cerita. Puisi naratif terkadang juga memberikan penjelasan dari si penyair. 

Puisi naratif dibagi menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah balda yang berisikan cerita tentang orang perkasa atau tokoh tokoh pujaan.Contoh balada terkenal dari Indonesia adalah Orang-orang Tercinta karya WS Rendra. 

Puisi Lirik

Puisi lirik adalah puisi yang digunakan untuk memaparkan gagasan si penyair. Puiis ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu ode, serenade, dan elegi.

Ode adalah puisi yang berisi pujaan-pujaan kepada seseorang dan biasanya ditujukan untuk seorang tokoh.Elegi merupakan puisi yang didalamnya mengandung perasaan duka. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...