Mengenal Bridesmaid dan Groomsmen, Apa Saja Tugasnya?

Tifani
Oleh Tifani
13 Desember 2022, 20:44
bridesmaid dan groomsmen, pernikahan
Tim Media Pernikahan Kaesang Erina
Para Menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan foto bersama dengan kedua mempelai di Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Surakarta (11/12/2022).

Pernikahan merupakan salah satu momen istimewa, terutama bagi para calon pengantin. Kehadiran orang-orang terdekat, seperti orang tua, keluarga, dan sahabat sangat berarti untuk memeriahkan acara tersebut.

Tidak hanya memeriahkan acara saja, calon pengantin juga membutuhkan pendamping agar acara mereka berjalan lancar. Kehadiran bridesmaid dan groomsmen untuk membantu calon pengantin. Sementara, bagi sebagian orang, keberadaan bridesmaid dan groomsmen ini menjadi tren baru.

Dikutip dari laman Gramedia.com, bridesmaid atau pengiring pengantin biasanya dilakukan oleh wanita muda yang sudah cukup umur. Begitu juga bagi groomsmen biasanya dilakukan oleh pria muda yang sudah cukup umur.

Pengertian Bridesmaid dan Groomsmen

Secara bahasa, bridesmaid berarti pengiring pengantin yang menjalankan tugasnya tidak hanya pada hari pernikahan, tetapi juga sebelum acara pernikahan tersebut berlangsung. Jumlah orang yang ditunjuk untuk menemani pengantin wanita biasanya bervariasi dari berjumlah lima orang hingga 10 orang sesuai pilihan calon pengantin.

Biasanya, bridesmaid merupakan orang-orang terdekat calon pengantin, seperti sahabat, saudara, atau bahkan kakak adik mereka. Sebagai pengiring pengantin, dia bertanggung jawab untuk membantu pengantin wanita mempersiapkan acara pernikahannya.

Perlu digarisbawahi, peran bridesmaid berbeda dengan maid of honor. Pada budaya Barat, peran maid of honor adalah memimpin para bridesmaid yang sudah dipilih oleh calon pengantin. Jadi, maid of honor akan bertanggung jawab akan sesuatu hal, seperti bridal shower dan hadiah pernikahan untuk pengantin.

Tidak jarang, peran maid of honor lainnya adalah menemani calon pengantin untuk fitting baju atau menemani ke vendor-vendor pernikahan. Groomsmen adalah nama pendamping pria atau pengantar pengantin pria pada upacara pernikahan.

Biasanya, pengantin pria memilih teman dekat dan kerabat untuk dijadikan pengiring pria dan dianggap suatu kehormatan untuk dipilih. Pengantin pria biasanya memilih salah satu pengiring pria untuk melayani sebagai pengiring pria.

Tradisi ini berasal dari pernikahan di negara-negara Barat. Groomsmen hadir untuk menjadi pendamping mempelai pria sekaligus pendamping bridesmaid. Jumlah yang ditentukan untuk groomsmen tentunya harus menyesuaikan dengan bridesmaid

Peran Bridesmaid dan Groomsmen

Setelah memahami pengertian dari dua posisi tersebut, saatnya mengetahui apa saja tugas bridesmaid dan groomsmen selain menjadi pengiring pengantin.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement