LVMH adalah Perusahaan Induk Louis Vuitton, Ini Profilnya

Ghina Aulia
14 Desember 2022, 00:19
LVMH adalah perusahaan yang dipimpin oleh Bernard Arnault.
South China
LVMH Office.

LVMH adalah perusahaan yang dipimpin oleh Bernard Arnault. Tokoh miliarder yang digadang-gadang sebagai orang terkaya di dunia ini lampaui kekayaan Elon Musk, CEO dari Tesla Motors dan Twitter. Kesuksesan Arnault dalam berkarir juga menggambarkan perkembangan LVMH yang sangat pesat.

Merangkum dari situs LVMH, diketahui bahwa perusahaan ini awalnya merupakan gabungan dari rumah mode Louis Vuitton, Moet & Chandon, dan Hennessy pada 1987. Adapun perusahaan tertua yang menjadi bagian dari LVMH adalah Chateau d’Yquem, produsen anggur yang sudah beroperasi sejak tahun 1593.

Dalam sejarahnya, LVMH adalah perusahaan yang berawal dari ide Bernard Arnault yang memiliki keinginan untuk membuat grup perusahaan yang terdiri dari berbagai merek-merek mewah. Diketahui juga bahwa Arnault merupakan anak dari Jean Leon Arnault dan Marie Savinel bekerja di industri fashion mewah Perancis.

Maka dari itu, tak heran ketika Arnault memiliki minat dan tekad yang kuat untuk mengembangkan usahanya. Arnault mulai mengambil langkahnya ketika menjadi CEO di Financiere Agache dan kemudian mengambil alih Boussac Saint-Freres yang di dalamnya terdapat merek dagang Christian Dior.

NY Times mengungkapkan bahwa Arnault pada awalnya mengeluarkan banyak biaya agar bisa mengakuisisi LVMH yang saat itu juga dipegang oleh Guinnes. Pada tahun 1989, Arnault berhasil memegang saham 43,5% saham LVMH.

Hal tersebut membawanya menjadi Chairman di jajaran direksi LVMH. Sejak saat itu, Arnault memimpin LVMH dan merencanakan perkembangan serta ekspansi yang pesat. Hal tersebut juga ia tunjukkan dengan menggaet banyak merek fashion mewah dari berbagai penjuru dunia.

Beberapa di antara anak perusahaan LVMH yaitu Ao Yun, Berluti, Celine, Benefit Cosmetics, Bite Beauty, Chaumet, Sephora, Le Bon Marche, Cheval Blanc, Princess Yacht, dan masih banyak lagi. Hingga sekarang LVMH adalah perusahaan yang menghimpun 75 perusahaan ternama.

3 Anak Perusahaan LVMH

1. Louis Vuitton

Louis Vuitton menjadi salah satu merek fashion mewah tertua di dunia. Brand ini juga menjadi yang paling ikonik di deretan anak perusahaan LVMH. Didirikan oleh Louis Vuitton pada tahun 1854, eksistensinya masih bertahan kurang lebih 168 tahun hingga sekarang.

Mengutip buku Contemporary Fashion (1995) karya Richard, dikatakan bahwa Louis Vuitton menjual produknya melalui butik secara mandiri, gerai di department store mewah, dan e-commerce resmi. Merek ini juga biasa disebut dengan singkatan ‘LV.’ Logo inisial L dan V yang bertumpuk sangat ikonik.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement